09 August 2020, 05:09 WIB

Jadi Pembalap Pengganti, Hulkenberg Gemilang di Silverstone


Basuki Eka Purnama | Olahraga

NICO Hulkenberg tampil gemilang sebagai pembalap pengganti tim Racing Point pada grand prix hari jadi ke-70 Formula 1 ketika tampil tercepat ketiga dalam babak kualifikasi di belakang duet Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton, yang dominan.

Balapan hari ini, Minggu (9/8), akan menjadi grand prix ke-178 bagi pembalap Jerman itu dan berbekal posisi start ketiga dengan salah satu mobil yang kompetitif tahun ini, pembalap berusia 32 tahun itu nampaknya memiliki peluang meraih podium pertamanya.

"Saya tahu ini akan tiba, kata Hulkenberg. "Jujur, ini situasi yang sangat menantang dan sulit tapi saya tahu saya punya mobil yang cepat. Jadi saya tinggal berusaha memastikan melakukan segalanya dengan benar."

Baca juga: Bottas Start Paling Depan saat Ulang Tahun Ke-70 F1

Jika ambisinya terwujud, itu akan menjadi titik balik Hulkenberg setelah kehilangan kursi di Renault musim lalu dan gagal mengantongi kontrak membalap dengan tim apapun tahun ini.

Pembalap berjuluk Hulk itu, seperti tokoh pahlawan komik Marvel, sedang duduk di suatu kafe di bandara Cologne pekan lalu ketika ponselnya berdering dan bos tim Racing Point menanyakan apakah dia bersedia menggantikan Sergio Perez yang kala itu diduga positif covid-19.

Dia langsung terbang dari Jerman menuju Inggris, melakukan pengukuran bangku di kokpit mobilnya pada malam hari, memperoleh izin, dan berjalan di paddock 10 menit menjelang start sesi latihan bebas pertama saat ia meminjam baju balap rekan satu timnya, Lance Stroll.

Finis P13 pada kualifikasi Grand Prix Britania, Hulkenberg gagal start karena masalah mesin namun diberi kesempatan kedua akhir pekan ini untuk kembali menggantikan Sergio Perez yang masih positif covid-19.

"Tentunya saya di sini sebagai tamu sementara jadi biasanya ekspektasi sedikit berbeda dan saya akan mengalir saja," kata Hulkenberg.

"Secara emosional, kegembiraan kembali pada Jumat dan kemudian Minggu dengan kesedihan karena gagal balapan dan sekarang, kembali ke sini,
ya, ini suatu pekan yang cukup liar dalam segi positif," pungkasnya. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT