09 August 2020, 04:20 WIB

Aspal Sirkuit Brno Dikeluhkan


Mal/Crash/R-3 | Olahraga

BEBERAPA pembalap rupanya mengeluhkan kondisi Sirkuit Brno yang menjadi tempat berlangsungya seri ketiga Moto-GP musim ini. Sirkuit sepanjang 5,4 kilometer itu disebutkan memiliki permukaan aspal yang bergelombang.

Hal tersebut disampaikan sejumlah peserta GP Republik Ceko sebelum memulai babak kualifikasi, kemarin.

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini Aleix Espargaro, misalnya, mengatakan buruknya kondisi lintasan sangat berbahaya bagi keselamatan para rider.

“Kondisi lintasannya sangat buruk. Ini adalah salah satu sirkuit terburuk yang pernah saya lintasi,” kata dia.

Espargaro memang sudah pernah mengatakan bahwa Sirkuit Brno ialah salah satu sirkuit yang tidak disukainya.

“Sirkuit ini tidak level untuk tingkat Kejuaraan Dunia Moto-GP. Saya memang hanya seorang pembalap, tapi rasanya saya tidak bisa menerima kami harus balapan di sini,” jelasnya.

Hal yang sama dikatakan pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. Dia mengaku kondisi sirkuit saat ini membuatnya tidak bisa melaju dengan maksimal. Selain itu, tingkat cengkeraman di Sirkuit Brno juga terbilang rendah.

“Di sini, di Brno, sangat bergelombang dan tingkat cengkeraman rendah. Saya rasa itulah masalahnya di sini. Seringkali sulit mengendalikan motor. Tingkat cengkeraman selalu rendah dan juga banyak tonjolan. Tata letak treknya indah, tetapi aspalnya tidak fantastis,” kata Rossi.

Rossi menilai, Sirkuit Brno memiliki berbagai masalah karena pihak pengelola tidak memiliki cukup uang untuk memperbaiki aspal. Rossi dan para pembalap lainnya akan mencoba membahasnya dengan para petinggi Moto-GP.

Meski dikeluhkan, Sirkuit Brno tetap akan jadi arena balapan yang berlangsung hari ini. Dari hasil kualifikasi, pembalap Reale Avintia Johann Zarco membuat kejutan karena mendapatkan pole. Padahal, dia tidak pernah masuk urutan tiga besar selama sesi latihan.

Zarco akan memulai balapan di depan duo pembalap Petronas Yamaha, yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli yang finis di posisi kedua dan ketiga saat kualifikasi. (Mal/Crash/R-3)

BERITA TERKAIT