08 August 2020, 03:04 WIB

Elina Svitolina dan Kiki Bertens Mundur dari AS Terbuka


Widhoroso | Olahraga

PENYELENGGARAN grand slam Amerika Serikat Terbuka 2020 kembali mendapat pukulan telak. Jumat (7/8), dua petenis putri peringkat 10 besar dunia, Elina Svitolina dan Kiki Bertens menyatakan batal tampil di ajang tersebut.

Svitolina dan Bertens mengikuti langkah beberapa petenis top dunia lainnya yang menyatakan mundur dari AS Terbuka karena khawatir dengan pandemi Covid-19. Sebelumnya, petenis putra peringkat dua dunia Rafael Nadal dan peringkat satu putri Ashleigh Barty telah menyatakan mundur.   

"Mempertimbangkan segala aspek, saya memutuskan tidak tampil di ASS terbuka. Saya tidak mau mengambil resiko," ungkap Svitolina, petenis Ukraina peringkat lima dunia itu melalui media sosial.

Svitolina mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara AS Terbuka dan WTA yang memberikan kesempatan kepada pemain untuk memilih apakah akan tetap tampil atau tidak.

"Saya mengerti dan menghormati penyelenggara akan berbuat semaksimal mungkin agar turnamen bisa berlangsung dengan aman. Namun saya tetap merasa tidak nyaman pergi ke Amerika bersama tim," ungkap semifinalis AS Terbuka 2019 itu.   

Sedangkan Bertens menyebut keputusan mundur dari AS Terbuka 2020 diambil setelah melalui pertimbangan yang panjang. Keputusan ini diambil Bertens setelah pemerintah Belanda mengeluarkan peringatan   

"Situasi tentang Covid-19 masih tetap mengkhawatirkan bagi setiap orang. Saya mengindahkan peringatan yang dikeluarkan pemerintah Belanda," ujar petenis Belanda yang kini menduduki peringkat tujuh dunia itu. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT