07 August 2020, 22:15 WIB

Sembilan ASN Cimahi Terpapar Covid-19


Depi Gunawan | Nusantara

Empat orang aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Cimahi terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilaksanakan pada awal pekan ini. Walau seluruhnya tidak mengalami gejala dan keluhan apa pun, mereka wajib menjalani isolasi di RSUD Cibabat.

"Hasil swab yang telah dilaksanakan, empat orang dinyatakan positif. Satu orang pegawai kelurahan, dan tiga lainnya betugas di kantor Pemkot Cimahi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi, Jumat (7/8).

Berdasarkan hasil pelacakan sementara, lanjut Pratiwi, dua orang ASN
tertular dari keluarganya yang sebelumnya sudah terkonfirmasi positif virus korona, serta satu ASN diduga terpapar dari aktifitas pelayanan karena langsung berhubungan dengan publik.

"Kalau yang satu orang lagi masih dilakukan tracing karena datanya baru
masuk. Untuk pasien yang terpapar di kelurahan, kemungkinan tertular
setelah yang bersangkutan menyentuh kertas yang sudah menempel virus, karena sering keluar masuk berkas-berkas," terang Pratiwi.

Pratiwi mengatakan, swab test terhadap ASN akan beres pada Jumat ini dengan total keseluruhan menyasar sebanyak sebanyak 1.980 orang. Untuk mencegah penularan virus korona, pihaknya rutin mensterilisasi area perkantoran dengan cairan disinfektan serta menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh ASN dan pengunjung Pemkot Cimahi. "Kita rutin lakukan penyemprotan disinfektan pada saat perkantoran libur setiap Sabtu dan Minggu," ujarnya.

Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna mengungkapkan, dua dari empat ASN yang
terkonfirmasi positif diketahui dari hasil swab yang dilaksanakan pada
Selasa (4/8). Begitu hasilnya keluar, dirinya langsung memerintahkan pihak terkait untuk mengisolasi seluruh pasien ke RSUD Cibabat.

"Ruang Kantor Kesatuan Bangsa dan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD)
Pemakaman tempat mereka bekerja langsung disterilkan. Kejadian ini tidak sampai menggangu pelayanan karena kantor ditutup 3 hari, Senin nanti sudah normal lagi," bebernya.

Selain empat ASN di lingkungan Pemkot Cimahi, wali kota menyampaikan bahwa 5 orang pegawai di RSUD Cibabat juga dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab, mereka terdiri dari 3 perawat, 1 orang bidan dan 1 orang nutrisionis. Sehingga total ASN yang sekarang dirawat berjumlah 9 orang.

Sampai saat ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Cimahi sudah mencapai 145 orang, 113 di antaranya telah sembuh dan empat orang meninggal dengan status zona oranye atau daerah dengan risiko sedang.

Diakuinya, tren kasus Covid-19 di Cimahi terus mengalami penambahan.
Menurut dia, hal ini tidak hanya di Cimahi saja tapi juga terjadi di
berbagai daerah. "Karena orang-orang menganggap virus korona sudah punah atau tidak ada, bahkan yang sangat keterlaluan, ada yang menyatakan kalau virus korona adalah hoaks," tandasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT