07 August 2020, 17:29 WIB

Prediksi BI, Inflasi Agustus Rendah dan Terkendali


Hilda Julaika | Ekonomi

BANK Indonesia memprediksi inflasi pada Agustus 2020 sebesar 0,01% (mtm). Angka ini dinilai masih dalam level yang rendah dan terkendali.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko, mengatakan dengan perkembangan tersebut perkiraan inflasi Agustus 2020 secara tahun kalender sebesar 0,99% (ytd) dan secara tahunan sebesar 1,39% (yoy).

“Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu pertama Agustus 2020, inflasi Agustus 2020 diperkirakan sebesar 0,01% (mtm),” terang Onny dalam keterangan resmi, Jumat (7/8).

Baca juga: Ekonomi Kontraksi, Sektor Pertanian Masih Tumbuh Positif

Penyumbang utama inflasi pada periode laporan, yakni berasal dari komoditas emas perhiasan sebesar 0,09% (mtm), cabai merah sebesar 0,03% (mtm), minyak goreng, ikan kembung dan cabai rawit masing-masing sebesar 0,01% (mtm).

Selanjutnya, komoditas yang menyumbang deflasi ialah daging ayam ras minus 0,11% (mtm), bawang merah minus 0,06% (mtm), telur ayam ras dan jeruk masing-masing minus 0,02% (mtm) dan tomat minus 0,01% (mtm).

Baca juga: Resesi Jadi Kenormalan Baru, Ekonom: Masyarakat Jangan Takut

“Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait. Untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia,” ujar Onny.

Pihaknya menekankan berbagai langkah koordinasi kebijakan lanjutan perlu ditempuh. Tujuannya, menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berdaya tahan.(OL-11)

BERITA TERKAIT