07 August 2020, 07:10 WIB

Plus Minus Penggunaan Hand Sanitizer di Masa Pandemi


Mediaindonesia.com | Humaniora

DI era kehidupan adaptasi baru saat ini, kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan semakin meningkat. Terlebih masyarakat sudah memulai  kembali beraktivitas seperti ke kantor, belanja ke super market, sekolah, jalan-jalan ke mall, ataupun pergi rekreasi.

Areal publik yang sudah mulai beroperasi serta keinginan masyarakat untuk keluar rumah setelah cukup lama hanya berada di rumah menurut Brand Manager Purbasari di satu sisi memang dapat menggerakan kembali perekonomian. Namun sayangnya, di sisi lain juga dapat membuat penyebaran virus menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, penerapan kebiasaan new normal dengan mematuhi protokol kesehatan tetap harus dijalankan. Salah satunya adalah sering menggunakan hand sanitizer.

Baca juga: Ketahui Cara Kerja Hand Sanitizer agar Efektif

Persoalannya adalah jika dipakai terus menerus kandungan alkohol yang tinggi pada hand sanitizer bisa menyebabkan kulit tangan kering dan jika dibiarkan dapat terjadi iritasi pada kulit.  Untuk itu agar kulit tangan tetap lembab dan tidak kering selama saat menggunakan hand sanitizer, kata masyarakat diimbau untuk mengatahui caranya.

"Pertama, gunakan hand sanitizer yang mengandung Moisturizer tinggi yang dapat mencegah tangan menjadi kering dan teriritasi. Purbasari Hand Gel dan Purbasari Hand Spray bisa menjadi salah satu solusi dalam memilih hand sanitizer. Kandungan Triple Moisturizer nya(Aloe Vera, Pro-Vitamin B5, & Glycerol) dapat menutrisi kulit tangan agar tetap lembab dan bebas dari kuman dan bakteri," papar Stella.

Kedua, gunakan soothing gel untuk menjaga kelembaban tangan. Ketiga, sering pakai pelembab atau lotion, dan keempat rendam tangan dalam rendaman Oat. "Berendam dalam air yang ditambahkan oat yang masih mentah atau sudah dimasak mampu meremajakan kulit dan mengurangi kering pada kulit tangan. Dan terakhir yang paling penting adalah banyak minum dengan air putih supaya menjaga kelembapan tubuh secara alami. Sebab dengan adanya cairan dalam tubuh akan membantu metabolisme kulit dalam pergantian sel sehingga dapat membuat fresh," ujarnya. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT