07 August 2020, 09:30 WIB

Pabrik Danone Catatkan 4.500 Hari Tanpa Kecelakaan Kerja


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

KEAMANAN dan keselamatan di lingkungan kerja merupakan salah satu cerminan komitmen perusahaan terhadap karyawan. Khususnya di lingkungan pabrik dengan mobilitas yang tinggi, keamanan dan keselamatan kerja dapat menjadi sebuah tolak ukur keberhasilan perusahaan. 

Baru-baru ini, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia berhasil mencatatkan prestasi dalam keselamatan dan kesehatan kerja dengan membukukan 4.500 hari tanpa kecelakaan di Pabrik Sugizindo di Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Pabrik Sugizindo merupakan salah satu dari empat pabrik yang dimiliki oleh Danone SN Indonesia.

Manufacturing Director Danone SN Indonesia Delta Deritawan menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk menciptakan budaya kerja yang aman dan nyaman untuk seluruh karyawan, khususnya di fasilitas produksi atau pabrik. 

“Kami melakukan berbagai upaya pengendalian dan antisipasi terhadap potensi bahaya yang ada di lingkungan kerja. Tercapainya 4.500 hari tanpa kecelakaan ini merupakan prestasi bersama yang membanggakan dan mendorong kami untuk menjadi lebih baik lagi,” kata Delta dalam keterangan tertulisnya. 

Keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja diukur dengan tidak adanya insiden atau kecelakaan kerja yang melukai, menelan korban jiwa, dan membuat sakit karyawan maupun mitra di lingkungan kerja perusahaan. 

Tercapainya 4.500 Hari Tanpa Kecelakaan ini merupakan wujud kerjasama dan komitmen yang tinggi antara berbagai pihak. Manajemen, karyawan maupun perusahaan bergerak bersama menjadikan pabrik Danone SN Indonesia di Sentul ini sebagai tempat yang aman untuk bekerja.

Baca juga : Treatment Khusus agar Lebih Rileks

“Untuk memperoleh prestasi ini tidaklah mudah. Kami melakukan berbagai kegiatan dan usaha untuk menyediakan fasilitas yang aman dan mumpuni pada proses produksi di pabrik. Lingkungan kerja yang aman merupakan kebutuhan dasar agar kami bisa menghadirkan produk berkualitas dan sesuai standar mutu demi kesehatan ibu dan anak di Indonesia.” tambah Delta.

Tidak hanya berhenti di lingkungan pabrik, pencapaian ini juga menjadi inspirasi bagi karyawan di pabrik Danone SN Indonesia di Citeureup atau dikenal sebagai Pabrik Sentul, untuk berbagi pengalaman dan implementasi keamanan yang ada di pabrik untuk diterapkan pada keluarga masing-masing di rumah maupun masyarakat sekitar. 

Sehingga diharapkan, semua karyawan pada Pabrik Sugizindo dapat menjadi agen perubahan dan percontohan keamanan dan keselamatan, jelas Delta.

Kedepannya, Delta melanjutkan, pihaknya akan terus membentuk target baru untuk mengukur sejauh mana capaian kedepan. 

“Kami akan menargetkan 5.000 hari tanpa kecelakaan sehingga kami bisa terus termotivasi untuk melibatkan seluruh karyawan dan pihak terkait di dalam pabrik,” tutup Delta.

Danone SN Indonesia merupakan bagian dari perusahaan Danone di Indonesia yang memproduksi aneka produk nutrisi untuk ibu dan anak. Pabrik Danone SN Indonesia di Sentul beroperasi sejak tahun 1987. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT