07 August 2020, 10:58 WIB

Gubernur Kalsel Apresiasi Tangkapan Sabu 300 Kilogram


Denny Susanto | Nusantara

GUBERNUR Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor memberikan apresiasi tinggi atas keberhasilan Tim Satgasus Bareskrim Mabes Polri dan Polda Kalsel yang berhasil meringkus jaringan peredaran narkoba internasional di wilayah tersebut. Total barang bukti narkoba jenis sabu yang berhasil disita petugas mencapai 300 kilogram.

"Kami sangat mengapresiasi kinerja kepolisian tim gabungan Mabes dan Polda yang berhasil meringkus jaringan peredaran narkoba internasional di Kalsel. Peredaran narkoba ini memang harus dibasmi karena sangat merugikan masyarakat," tegasnya, Jumat (7/8). 

Sahbirin juga mengakui bahwa Kalsel saat ini menjadi daerah sasaran peredaran narkoba di Indonesia. Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta menyebut pengungkapan kasus ini merupakan hasil pengembangan kasus jaringan internasional yang berhasil diungkap Maret 2020 lalu dengan barang bukti sabu 208 kilogram dan 53 ribu butir ekstasi. 

"Ini merupakan hasil pengembangan kasus pada Maret lalu yang dilanjuti pembentukan Tim Satgas Khusus oleh Kapolri. Tim Satgasus Bareskrim dibantu Polda Kalsel dan Kaltara melakukan penyelidikan sejak Juli dan akhirnya berhasil meringkus dua orang tersangka AY dan S pemasok sabu lewat jalur Kalimantan Utara," ujarnya.

Tidak berhenti disitu Tim gabungan terus mengembangkan kasus ini hingga meringkus dua orang penerima narkoba jaringan internasional berinisial A dan R di halaman Hotel Sienna Inn, Jalan Soetoyo S, Banjarmasin. Dengan demikian ada empat orang anggota jaringan internasional peredaran narkoba yang berhasil diringkus Tim Satgas Khusus gabungan ini.

baca juga: Operasi Sikat Jaran Candi 2020, Polres Klaten Amankan 40 Motor

Adapun barang bukti yang berhasil disita tim gabungan meliputi 10 tas besar yang masing-masing berisi 30 bungkus sabu seberat 1 kilogram. Sabu ini dimasukkan dalam kemasan teh hijau Tiongkok. Selain itu polisi juga menyita barang bukti sebuah mobil, handphone dan uang tunai dari para tersangka. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT