07 August 2020, 09:30 WIB

Belitung Fokus Kembalikan Kepercayaan Wisatawan


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Belitung berupaya mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk bisa mengunjungi wilayah itu. Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, wisatawan harus kembali diyakinkan mau berkunjung ke Pulau Belitung.

"Saat ini, kami terus berupaya untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan, karena yang kita jual tentu saja keamanan Belitung agar mereka yang berkunjung tidak merasa khwatir," kata Isyak Meirobie, Jumat (7/8).

Menurutnya, Pemkab Belitung sudah satu bulan lebih ini menerapkan adaptasi kebiasaan baru, tetapi sektor pariwisata belum juga menunjukkan kunjungan wisatawan yang signifikan. Ia menyebutkan, saat ini tingkat hunian hotel dan restoran masih sangat rendah. Begitu pula dengan pergerakan jumlah penumpang di bandara masih sepi.

baca juga: Kinerja Ekonomi DIY Alami Kontraksi Cukup Dalam Akibat Covid-19

"Kondisi demikian harus kami jawab dengan kebutuhan pelaku pariwisata yang sudah investasikan secara besar-besar baik secara sosial, ekonomi dan psikologi. Mengatasi masalah pandemi covid-19 ini tidak bisa sendiri, harus secara bersama-sama dan pemerintah daerah harus mendampinginya," ungkapnya.

Ia menambahkan pandemi covid-19 membuat pariwisata Tanah Air terpukul tak terkecuali Bali yang tingkat pertumbuhannya menyamai Belitung di bawah 5 persen.(OL-3)


 

BERITA TERKAIT