05 August 2020, 20:59 WIB

BMKG Ingatkan Waspada Tiga Hari Hujan Deras dan Angin Kencang


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam tiga hari ke depan yakni 5-7 Agustus 2020 di beberapa wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat disertai angin kencang kilat dan petir.

Daerah sirkulasi siklonik terpantau di Laut China Selatan (1006 hPa) yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Laut China Selatan bagian Selatan.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah tersebut," kata Kepala bidang Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Taufan Maulana, dalam keterangan persnya, Rabu (5/8).

Daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Teluk Thailand, dari NTT hingga Jawa Timur, Laut Sulawesi bag Utara hingga Filipina bag Tengah dan di perairan Utara Papua hingga Papua Barat yang dapat memberikan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. "Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat hari ini (5/8) Sulawesi Tengah, Maluku, Papua," sebutnya.

Kondisi ini masih berlangsung untuk wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua pada Kamis (6/8). Sedangkan Jumat (7/8) meliputi wilayah Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua masih berpotensi dilanda hujan lebat.

Sementara hujan lebat disertai kilat / petir dan angin kencang / puting beliung berpotensi terjadi pada hari ini Rabu (5/8). di Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Bengkulu, Sumatra Selatan , Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan hingga Kamis (6/8) besok harinya.

Untuk wilayah Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Gorontalo* diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Jumat (7/8).

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir dan kilat tersebut untuk selalu berhati-hati.

"Masyarakat diminta waspada dan berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," pungkasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT