05 August 2020, 15:16 WIB

Cegah Sampah ke Laut, DLH Kota Padang Pasang Kembali Kubus Apung


Yose Hendra | Nusantara

DINAS Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mulai memasang kembali kubus apung yang sebelumnya dipasang di banjir kanal bawah jembatan Tamsis. Kubus apung tersebut kini dipasang di banjir kanal bawah jembatan Rasuna Said.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon mengatakan pemindahan kubus apung ke tempat yang baru ini dilakukan sejak Selasa (4/8). Saat ini, para petugas sedang memasang kubus apung tersebut.

"Kubus apung ini kita pindahkan karena saat dipasang di lokasi awal kurang pas, rentan terbalik jika arus sungai mengalir sangat deras," ujar Mairizon, Rabu (5/8).

Baca juga: Masuk-Keluar Kota Padang Wajib Swab Test

Atas dasar itu, kubus apung kemudian dipindahkan ke lokasi yang baru tepatnya di banjir kanal bawah jembatan Rasuna Said.

"Pemasangan di lokasi baru ini sifatnya situasional. Sewaktu-waktu bisa saja kembali dibongkar. Jika nanti kondisinya sama dengan lokasi yang lama maka kita buka lagi," jelas Mairizon.

Untuk diketahui, pemasangan kubus apung ini bertujuan untuk menghambat sampah-sampah yang mengalir di banjir kanal agar tidak hanyut sampai ke laut. Sampah-sampah yang terkumpul di kubus apung nantinya akan dikumpulkan oleh petugas, selanjutnya dibawa ke TPA Air Dingin.(OL-5)

BERITA TERKAIT