05 August 2020, 13:09 WIB

Cilacap Targetkan Tes PCR Untuk 6.000 Orang


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMKAB Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) menargetkan tes PCR untuk 6 ribu orang di wilayah setempat. Saat sekarang telah terlaksana untuk 2.200 orang dan kini proses sebanyak 1.500 orang. Kepala Dinas Kesehatan (DInkes) Cilacap Pramesti Griana Dewi mengatakan pihaknya telah menyelenggarakan tes PCR untuk 2.200 orang pada tahap pertama dan kedua. Sementara untuk tahap ketiga saat sekarang, masih berjalan dengan target sebanyak 1.500 orang. 

"Secara keseluruhan, kami akan mengadakan tes PCR untuk 6 ribu orang di wilayah Cilacap. Tetapi sebelumnya, kami akan melakukan evaluasi dalam pelaksanaan tahap ketiga sekarang," ┬Łujarnya, Rabu (5/8).

Pramesti mengatakan bahwa sesuai dengan standar WHO, pelaksanaan tes PCR sebanyak 0,1% dari jumlah penduduk. 

"Jika di Cilacap jumlah penduduknya sebanyak 1,9 juta, maka sebetulnya tes PCR hanya 1.900 saja. Meski demikian, pemkab menargertkan sampai 6 ribu orang. Dalam tes PCR, kami memprioritaskan orang-orang yang potensial terpapar," lanjut Pramesti.

baca juga: Pasien Sembuh di Maluku Utara Bertambah

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga telah membentuk kampung siaga Covid-19. Kampung-kampung tersebut mendorong warganya untuk mengikuti protokol kesehatan seperti tetap mengenakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak sosial. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT