05 August 2020, 07:52 WIB

Jelang Test Swab Massal Kalsel Siapkan 2.000 Kamar Pasien Korona


Denny Susanto | Nusantara

MENJELANG aksi swab test massal 10 ribu warga terduga (suspect) terinfeksi virus korona (covid -19), Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan sedikitnya 2.000 kamar untuk penanganan penderita covid -19. Sepanjang Agustus jumlah penderita positif virus korona di Kalsel bertambah 259 kasus.

Wakil Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan pihaknya terus mematangkan rencana aksi swab test massal di 13 kabupaten/kota di Kalsel ini.

"Koordinasi dengan pihak-pihak terkait terus kita lakukan. Salah satunya penyediaan tempat atau kamar untuk penanganan penderita covid hasil swab test massal," tuturnya, Rabu (5/8).

Gugus tugas Kalsel menargetkan ketersediaan sedikitnya 2.000 kamar baik rumah sakit maupun karantina untuk penanganan mereka yang dinyatakan positif hasil swab test massal ini. Selain itu kapasitas uji sampel swab juga akan ditingkatkan termasuk kerjasama dengan pihak ketiga seperti yang sudah dilakukan bersama Universitas Andalas Padang.

Saat ini ada 20 rumah sakit dan lokasi karantina yang menjadi tempat penanganan penderita covid di Kalsel. Beberapa waktu belakangan ini penyebaran virus korona merebak di kalangan pegawai pemerintah dan sering disebut klaster perkantoran. Sejumlah pejabat daerah ikut terinfeksi virus korona ini.

baca juga: Pemprov Sumut Ambil Alih Penanganan Korona 3 Daerah

Terbaru dilaporkan ada 10 pegawai (ASN) di lingkungan Pemko Banjarmasin juga dinyatakan positif terinfeksi virus korona. Sementara Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina telah menjalani dua kali swab test dengan hasil negatif. Hingga Rabu (5/8), jumlah kasus positif virus korona di Kalsel sudah mencapai 6.357 kasus. Ada penambahan 119 kasus dari hari sebelumnya. Jika membandingkan data awal Agustus maka terjadi penambahan kasus positif virus korona sebanyak 259 kasus. Sementara jumlah pasien yang masih dirawat tercatat sebanyak 2.375 orang.

Kalsel juga mencatat jumlah pasien sembuh yang terus bertambah yaitu sebanyak 103 orang sehingga total pasien sembuh menjadi 3.684 orang atau 57,95 persen dan total jumlah penderita covid yang meninggal dunia sebanyak 298 orang. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT