05 August 2020, 06:20 WIB

Gubernur Sulsel Minta Revitalisasi Sungai Masamba Segera


Antara | Nusantara

GUBERNUR Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah mengatakan revitalisasi sungai merupakan hal yang mendesak dilakukan sebagai solusi mengatasi persoalan banjir di Masamba dan sekitarnya di Luwu Utara, Sulsel.  Hal itu dikemukakan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah usai menerima Dirut PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel di Makassar, Selasa (4/8) malam.
  
Dia mengatakan akibat banjir bandang yang melanda enam kecamatan di Luwu Utara bulan lalu, sungai mengalami sedimentasi akibat endapan lumpur dan pasir.
  
"Akibatnya aliran sungai menjadi tidak normal, karena itu harus dilakukan revitalisasi sungai secepatnya," kata Nurdin menanggapi adanya banjir susulan di Masamba setelah hujan.

baca juga: Degradasi Lingkungan Sebabkan Banjir Masamba
  
Mengenai dukungan pendanaan dari Pemprov Sulsel untuk penanganan bencana di Luwu Utara, Nurdin mengatakan Pemprov Sulsel telah menganggarkan dana bantuan sebesar Rp10 miliar untuk pembangunan hunian sementara. Sedangkan dana tanggap darurat dialokasikan sebesar Rp5 miliar dari APBD Sulsel. Selain itu juga ada bantuan dari Kemensos dan Kementerian PUPR serta pihak terkait lainnya. Untuk keamanan warga Masamba dan sekitarnya di Luwu Utara, gubernur mengimbau agar mengosongkan dulu lokasi tersebut. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT