05 August 2020, 05:55 WIB

Israel Tawarkan Bantuan untuk Libanon


Basuki Eka Purnama | Internasional

ISRAEL, Selasa (4/8), menawarkan bantuan kemanusiaan kepada Libanon, meski kedua negara secara teknis masih berperang, setelah dua ledakan besar mengguncang Beirut yang menewaskan puluhan orang dan melukai ribuan lainnya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahi mengaku telah memerintahkan Dewan Keamanan Nasional Israel untuk melakukan kontak dengan utusan khusus PBB di Timur Tengah Nickolay Mladenov untuk menegaskan bahwa 'Negeri Zionis' itu siap membantu Libanon.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi mengatakan Israel telah menawarkan kepada pemerintah Libanon, melalui perantara internasional, bantuan medis dan kemanusiaan.

Baca juga: Iran Tegaskan Siap Bantu Libanon

Presiden Israel Reuven Rivlin mengatakan, "Kami berbagi derita dengan warga Libanon dan dengan tulus menawarkan bantuan di saat sulit ini."

Tawaran bantuan itu disampaikan Israel setelah selama dua pekan terakhir hubungan kedua negara menegang.

Pekan lalu, Israel menuding kelompok Hezbollah asal Libanon berusaha mengirimkan kelompok bersenjata melintasi perbatasan dan meminta Beirut bertanggung jawab atas apa yang Tel Aviv sebut sebagai upaya serangan teror. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT