05 August 2020, 01:47 WIB

Pihak Keamanan Duga Ledakan di Beirut dari Gudang Bahan Peledak


Ghani Nurcahyadi | Internasional

PIHAK keamanan Lebanon menduga dua ledakan besar yang terjadi di pelabuhan di Beirut diakibatkan oleh material bahan peledak yang tersimpan di salah satu gudang di pelabuhan tersebut.

Kepala Keamanan Abbas Ibrahim mengatakan, pihaknya akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk mendapatkan penyebab ledakan yang melukai ratusan orang serta menimbulkan korban jiwa itu.

"Sepertinya ada sebiuah gudang yang menyimpan beberapa material di lokasi yang diambil alih beberpa tahun lalu. Material itu ternyata berdaya ledak tinggi," katanya dikutip dari AFP.

Baca juga : Dua Ledakan Besar Guncang Beirut, Ratusan Orang Terluka

Sementara itu, Ketua Palang Merah Lebanon Georges Kettaneh menyebutkan ada korban jiwa dalam ledakan yang melukai ratusan orang dan merusak beberapa bangunan di sekitarnya iitu.

"Sejak tadi, telepon kami selalu berdering," kata Kettaneh merujuk pada permintaan konfirmasi dan pertolongan pada palang merah.

Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab mendeklarasikan hari berduka pada Rabu (5/8) karena ledakan tersebut. Disisi lain, Presiden Michelle Aoun telah memerintahkan untuk segera menggelar rapat pertahanan darurat. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT