05 August 2020, 00:55 WIB

Piala Menpora Esports Diikuti 10 Ribu Atlet


MI | Olahraga

SEBANYAK 10 ribu peserta akan berpartisipasi dalam turnamen Piala Menpora Esports 2020 AXIS yang akan digelar bulan ini. Para peserta merupakan pelajar SMP, SMA, dan SMK, juga mahasiswa dari universitas di seluruh Indonesia.

“Pendaftaran sudah kami buka sejak 1 Agustus. Kami akan kick-off pada 17 Agustus nanti. Akan diikuti 2.048 tim atau 10 ribu atlet. Saat ini slot tersisa tinggal untuk 400-an tim karena sudah ada 1.600-an tim yang mendaftar,” kata Giring Ganesha, Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL) yang juga Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 AXIS, dalam jumpa pers virtual, kemarin.

Giring mengatakan, saat berdiskusi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dirinya menjelaskan bahwa kegiatan tersebut selain dijadikan ajang pencarian bakat, juga dimanfaatkan untuk mengampanyekan bahaya covid-19 ke masyarakat.

“Tahun ini secara online, daring. Usahain untuk menjaga keselamatan para stakeholder Piala Menpora Esports 2020,” jelasnya.

Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan kondisi pandemi membuat industri olahraga, baik di Indonesia maupun di negara lain, mengalami kevakuman aktivitas. Namun, justru hal itu berbanding terbalik dengan e-sports yang semakin menggeliat.

“Olahraga menjadi salah satu lini yang terkena dampak luar biasa dari covid-19. Tapi untuk e-sports ternyata eksistensi dan antusiasmenya tetap tinggi karena bisa dimainkan dengan gegap gempita penonton maupun dengan tanpa penonton. Hal ini yang membuat kami
terus mendukung sepenuhnya e-sports,” ujar Gatot. (Mal/R-3)

 

BERITA TERKAIT