05 August 2020, 00:35 WIB

Selama di Hotel, Pemain Timnas Tetap Berlatih


MI | Sepak Bola

SUDAH hampir sepekan pemusatan latihan timnas Indonesia tertunda lantaran menunggu hasil tes covid-19 para pemain. 

Meski demikian, para pemain timnas Indonesia senior dan U-19 tetap mendapatkan program dari pelatih Shin Tae-yong. Skuad timnas Indonesia senior dan U-19 menjalani pemusatan latihan di Jakarta sejak Kamis (23/7). Latihan tersebut akan berlangsung hingga Sabtu (8/8).

“Yang jelas, meski belum latihan di lapangan, pelatih Shin Ta-yong juga memberikan program latihan kepada pemain selama di hotel,” kata Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan, kemarin.

“Hasil swab test tidak bisa cepat karena total yang mengikuti banyak, hampir 100 orang (pemain dan ofi sial),” sambung Iriawan.

Dikatakan Iriawan, tes covid-19 merupakan bagian dari adaptasi terhadap tatanan kehidupan baru, mengingat latihan digelar di tengah pandemi. Apalagi jumlah kasus di Indonesia terus meningkat.

“PSSI menyerahkan semua program latihan kepada pelatih. Kami meminta semua pemain melaksanakan latihan dengan rasa tanggung jawab tinggi dan bekerja keras,” kata dia.

Bagi timnas senior, latihan yang dijalani saat ini merupakan persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ketiga laga tersebut ialah melawan tuan rumah Thailand (8/10), menjamu Uni Emirat Arab (13/10), dan bertandang ke Vietnam (12/11).

Adapun bagi timnas U-19, latihan juga jadi persiapan untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14-31 Oktober mendatang di Uzbekistan. ‘Garuda Muda’ berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Latihan sebenarnya direncanakan berlangsung pada Sabtu (1/8) setelah Shin kembali ke Jakarta dari Korea Selatan (Korsel). Shin pulang ke negara asalnya itu ketika wabah mulai muncul di Indonesia.

Dia sebelumnya mengusulkan agar latihan digelar di Korsel, tapi kemudian diputuskan untuk dilangsungkan di Stadion Madya, Jakarta. Sebelum berlatih, para pemain dan ofisial diminta mengikuti tes covid-19 pada akhir bulan lalu. (Mal/PSSI/R-3)
 

BERITA TERKAIT