04 August 2020, 20:33 WIB

Pandemi, Dapur Umum Peduli Sesama INTI Bali Sediakan Pangan


Ruta Suryana | Nusantara

Pemerintah Kota Denpasar melalui Bagian Kerjasama bersama Dinas Sosial Kota Denpasar bekerja sama dengan pengelola Dapur Umum Peduli Sesama INTI (Perhimpunan Indonesia Tionghoa) Bali gencar menyiapkan persediaan pangan sebagai upaya menciptakan ketahanan pangan terpadu, lebih lebih di tengah pandemi covid-19.

''Dapur Umum Peduli Sesama INTI Bali ini merupakan program kemiteraan yang murni menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikelola secara langsung dan bersinergi dalam tajuk uluran tangan untuk kehidupan membantu sesama  baik warga yang sehat, warga yang terisolasi maupun warga yang benar-benar membutuhkan,'' ujar Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati di Ruangan Kerjanya, Selasa (4/8).

Keberadaan Dapur Umum Peduli Sesama INTI Bali ini, lanjutnya, merupakan pelayanan publik yang langsung dirasakan riil oleh masyarakat. Setiap harinya dapur umum ini berkeliling ke desa-desa ataupun kelurahan-kelurahan untuk membagikan nasi bungkus yang bernutrisi baik kepada warga yang sehat sekaligus sosialisiasi protokol kesehatan kepada warga tentang tata cara hidup sehat, membagikan nasi bungkus untuk warga yang terisolasi mandiri akibat transmisi lokal kasus covid-19.

Baca Juga: Wah Ternyata, Kemenkes Belum Terima Anggaran Covid-19

"Semangat gotong royong melalui Dapur Umum Peduli Sesama INTI Bali sangat diharapkan berperan untuk lebih mendalam menggugah dalam berkontribusi menyelematkan warga di bidang pangan tanpa melihat agama, suku, ras dan lainnya,'' ujar Laxmy.

Lebih lanjut Laxmy mengatakan, Dapur Umum Peduli Sesama INTI Bali ini telah bergerak melalui dana CSR sejak pandemi covid-19 sampai dengan saat ini secara terus menerus berkeliling ke desa desa dan kelurahan serta membuka rasa kepedulian pihak ketiga untuk berpartisipasi di dalam donasi di dapur Umum INTI Bali ini.

"Hingga saat ini setiap minggunya disiagakan 200 lebih nasi bungkus dengan total yang sudah dibagikan per hari ini mencapai 50 ribu bungkus nasi," sebutnya. (RS/OL-10)

BERITA TERKAIT