04 August 2020, 17:02 WIB

Pemkot Cirebon akan Buka Akses Wifi untuk Proses Belajar Siswa


Nurul Hidayah | Nusantara

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Cirebon akan membuka seluruh akses wifi di kantor pemerintahan untuk proses belajar siswa. Pun akan membuat aplikasi guna menunjang proses belajar mengajar secara daring di masa pandemi covid-19.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon Ma'ruf Nuryasa menjelaskan, pihaknya akan membuka akses wifi yang ada di kantor pemerintahan di Kota Cirebon secepatnya.

"Semua kantor di lingkungan Pemkot Cirebon. Hingga ke kantor-kantor kelurahan, jaringan wifi-nya akan dibuka," kata Ma'ruf, Selasa (4/8).

Pembukaan akses wifi kantor pemerintahan direncanakan dilakukan mulai 20 Agustus, saat ini tengah melakukan proses pembenahan.

"Dibuka selama hari dan jam kerja hingga proses pembelajaran daring masih dilakukan," ungkapnya.

Baca juga:  Kota Cirebon Gencar Razia Masker tapi Tanpa Sanksi

Dibukanya jaringan wifi, menurut Ma'ruf, diperuntukkan bagi siswa-siswi  yang saat ini tengah melakukan pembelajaran daring.

"Diharapkan bisa membantu siswa yang kesulitan memperoleh kuota," imbuhnya.

Pembukaan jaringan wifi untuk siswa ini sekaligus akan digunakan Pemkot Cirebon untuk melakukan sosialisasi mengenai covid-19 kepada siswa-siswi di Kota Cirebon.

"Terutama sosialisasi mengenai penggunaan masker dan selalu rajin untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," ungkapnya.

Selain membuka jaringan wifi kantor pemerintahan, DKIS Kota Cirebon juga sudah membuat aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu siswa dan siswi yang saat ini tengah melakukan pembelajaran daring.

"Selama ini kan anak-anak kita belajar dengan panduan dari salah satu televisi lokal. Kalau tidak lihat kan tertinggal. Kami sedang membuat dan akan diserahkan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon untuk dikelola," tuturnya.

Dengan langkah yang dilakukan ini, Ma'ruf berharap bisa membantu orangtua dan siswa yang saat ini masih menjalani sekolah secara daring.(OL-5)

BERITA TERKAIT