04 August 2020, 16:06 WIB

Penularan Melonjak, Gubernur Sumut Panggil Pimpinan Tiga Daerah


Yoseph Pencawan | Nusantara

GUBERNUR Sumatra Utara Eddy Rahmayadi memanggil pimpinan dari tiga daerah terkait dengan terus melonjaknya kasus positif covid-19. Adapun tiga daerah tersebut yakni Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang.

Pemanggilan dilakukan untuk menggelar pertemuan tertutup di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut yang terletak berdampingan dengan rumah dinas Gubernur di Jalan Sudirman, Medan, Selasa (4/8).

Dari ketiga daerah yang dipanggil, hanya Kota Medan yang tidak dihadiri oleh kepala daerahnya tetapi diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Arjuna Sembiring.

Sedangkan dari Kota Binjai dihadiri langsung Wali Kota Muhammad Idaham dan Deliserdang mengutus Wakil Bupati Ali Yusuf Siregar.

Menurut informasi dari Bagian Humas dan Protokoler Pemprov Sumut, rapat yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB tersebut digelar untuk membahas kebijakan khusus yang akan diambil dalam penanganan pandemi covid-19.

Baca juga: Jumlah Kasus Covid-19 di Sumatra Utara Naik

Gubernur memandang perlu dikeluarkan kebijakan khusus untuk meredam kasus positif covid-19 yang hingga kini masih terus meningkat signifikan di provinsinya.

Pimpinan ketiga daerah itu dipanggil karena pertambahan terbanyak kasus positif di Sumut berada di wilayah tersebut. Ketiganya pun hingga kini masih berstatus zona merah.

Meski pertemuan belum selesai, informasi yang diperoleh di lapangan menyebutkan Gubernur Edy akan mengambil alih penanganan pandemi pada ketiga daerah itu.

Sampai hari Senin (3/8), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut mencatat jumlah kasus covid-19 yang sudah terkonfirmasi di provinsinya mencapai 4.193 orang. Jumlah itu mengalami peningkatan sebanyak 56 kasus dari sehari sebelumnya.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT