04 August 2020, 12:20 WIB

DPRD Minta Anies Segera Kebut Program Pengendalian Banjir


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah menuturkan banyak program DKI ketunda lantaran fokus untuk penanganan covid-19. Namun, ia meminta untuk program pengendalian banjir segera dikebut pengerjaannya.

Ida mengatakan pada Oktober atau November sudah masuk musim hujan. Namun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dianggapnya masih belum maksimal mengerjakan program pengendalian banjir.

"Hampir semua program DKI ketunda, cuma untuk program pengendalian banjir harus tetap terlaksana. Ini sudah masuk Agustus, sementara program banjir masih terhambat," ungkap Ida, Selasa (4/8).

Oleh karena itu, Ida mendorong Dinas Sumber Daya Air untuk bisa menyediakan lebih banyak mobile pompa untuk mengurangi genangan air saat musim hujan tiba.

Baca juga: Sosialisasi Gage Hari Pertama, Polisi Tegur 369 Pengemudi

Ida meminta Gubernur Anies Baswedan mencontoh Pemkot Semarang yang diklaim sigap dalam banjir dengan menyediakan mobile pompa.

"Rumah pompa di Jakarta banyak yang belum jalan, sedangkan normalisasi baru sebagian kecil yang dilaksanakan. Contoh di Semarang, dari 64% titik banjir menjadi 16% titik karena kesiapan mobil pompa yang luar biasa," jelas Politikus PDI Perjuangan itu.

Ida menyebut Pemprov DKI harus memikirkan soal waktu untuk menyelesaikan program banjir. Seperti pembangunan waduk, imbuhnya, memerlukan waktu yang tidak sebentar.

"Saya minta untuk segera dilaksanakan, seperti pompa mobil itu karena kalau program lain butuh waktu lama. Belum kalau ada lelang, butuh waktu lagi," pungkas Ida. (OL-14)

BERITA TERKAIT