04 August 2020, 12:08 WIB

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Militer Suriah


Faustinus Nua | Internasional

KANTOR berita pemerintah Sana di Damaskus pada Senin (3/8) malam, melaporkan, Israel melancarkan serangan udara ke tentara Suriah dekat Quneitra bagian selatan. Serangan itu hanya menyebabkan kerusakan materi setelah pertahanan udara Suriah meresponnya.

Militer Israel mengatakan, jet tempur, helikopter serang dan pesawat tempur lainnya menyerang posisi tentara Suriah. Hal itu sebagai pembalasan atas upaya untuk penyerangan di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

"Sasaran yang diserang meliputi pos-pos pengamatan dan sistem pengumpulan intelijen, fasilitas artileri anti-pesawat terbang dan sistem komando dan kontrol di pangkalan-pangkalan SAF (Angkatan Bersenjata Suriah)," kata militer dalam pernyataan seperti dilansir France24.

"IDF menganggap pemerintah Suriah bertanggung jawab atas semua kegiatan di tanah Suriah, dan akan terus beroperasi dengan tekad terhadap setiap pelanggaran kedaulatan Israel," sambung pernyataan itu.

Baca juga: Kecam Rencana Aneksasi Israel, DPR Galang Dukungan Parlemen Dunia

Ketegangan dua negara terus meningkat. Bulan lalu, helikopter militer Israel menyerang sasaran militer di Suriah selatan sebagai balasan atas tembakan amunisi sebelumnya ke Israel. Israel tidak secara langsung menyalahkan pasukan Suriah atas tembakan amunisi itu, tetapi mengatakan pihaknya menganggap pemerintah Damaskus bertanggung jawab.

Senin sebelumnya, tentara Israel mengatakan telah membunuh 4 orang yang meletakkan bahan peledak di dekat sektor yang diduduki Israel di Dataran Tinggi Golan.(France24/OL-5)

BERITA TERKAIT