03 August 2020, 15:25 WIB

Usai Jenguk Saudara, Paus Benediktus XVI Sakit Parah


Faustinus Nua | Internasional

PAUS emeritus Benediktus XVI dilaporkan sakit dan dalam kondisi sangat lemah. Sebelumnya, dia sempat mengunjungi saudaranya yang juga sakit pada Juni lalu.

Passauer Neue Presse edisi 3 Agustus menyebut Paus berusia 93 tahun menderita eritelas pada wajah. Penyakit itu menyebabkan ruam wajah dan fase rasa sakit yang hebat.

Surat kabar itu juga mengutip pernyataan penulis biografi paus yang sudah pensiun, Peter Seewald. "Menurut Seewald, Paus emeritus sekarang sangat lemah. Pemikiran dan ingatannya masih baik, tetapi suaranya sulit didengar,” bunyi laporan Passauer Neue Presse.

Seewald dilaporkan mengunjungi Paus Benediktus di Roma pada Sabtu waktu setempat untuk menyajikan tulisan biografi. "Pada pertemuan itu, Paus emeritus, meskipun sakit tetap menyatakan jika kekuatannya membaik, dia mungkin akan mengambil penanya lagi," masih dalam laporan surat kabar tersebut.

Baca juga: Paus Fransiskus Sahkan Aturan Baru Antikorupsi di Vatikan

Paus Benediktus diketahui mengunjungi saudaranya, Georg Ratzinger, yang sakit di Jerman pada Juni. Itu merupakan perjalanan pertamanya ke luar Italia, sejak mengundurkan diri pada 2013. Ratzinger meninggal dua minggu kemudian dalam usia 96 tahun.

Pensiunan paus dengan nama asli Joseph Ratzinger, saat ini tinggal di sebuah bekas biara kecil di dalam Vatikan. Sejak mengundurkan diri, dia menjauh dari sorotan publik.

Paus Benediktus menjadi paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri. Posisinya kemudian digantikan Paus Fransiskus yang reformis.(AFP/OL-11)

 

BERITA TERKAIT