03 August 2020, 08:30 WIB

Genoa Selamat, Lecce Terdegradasi


Akmal Fauzi | Sepak Bola

KEMENANGAN 3-0 atas Hellas Verona, Senin (3/8) dini hari, menyelamatkan Genoa dari degradasi Serie-A musim ini. Antonio Sanabria mencetak dua gol tuan rumah di menit 13 dan 25. Satu gol lainnya dicetak Cristian Romero di menit 44.

Hasil ini membuat Genoa finis di posisi 17 dengan 39 poin dari 38 laga. Mereka unggul empat angka dari Lecce yang akhirnya harus terdegradasi.

Pelatih Genoa Davide Nicola menilai tim asuhannya itu sebenarnya layak dan bisa lebih cepat mengamankan diri dari ancaman degradasi dari Serie A ke Serie B ketimbang harus menunggu sampai matchday terakhir.

“Namun, (kemenangan atas Verona) itu seperti menyelamatkan kita dua kali,” kata dia.

Kompetisi 2019–2020 menjadi musim yang buruk untuk tim berjuluk Grifone, ketika Aurelio Andreazzoli dipecat pada 22 Oktober 2019, penggantinya Thiago Silva hanya bertahan hingga 28 Desember 2019, dan Nicola direkrut pada Januari.

Baca juga: Lawan Genoa, Momentum Si Nyonya Tua Lanjutkan Tren Positif

Bersama Nicola, Genoa menghasilkan delapan kemenangan, empat imbang, dan sembilan kekalahan, mengumpulkan 28 poin dalam 21 putaran.

“Kami terus terang pantas untuk mengamankan keselamatan kami dari degradasi sedikit lebih awal. Yang menarik bagi saya adalah tim dan sejak saya tiba, kami telah mengumpulkan cukup banyak poin untuk menempati posisi kesembilan di klasemen. Ini menjadi kegagalan tidak mencapai target, karena dalam bisnis, ini semua tentang hasil,” jelasnya.

Pil pahit justru harus ditelan Lecce usai tumbang 3-4 oleh Parma di kandang sendiri. Dengan hasil tersebut, Lecce tak bergerak di peringkat ke-18, mengoleksi 35 poin dari 38 pertandingan.

Lecce harus menerima nasib sebagai tim ketiga yang mengucap selamat tinggal kepada Serie A Liga Italia. Mereka menyusul Brescia dan SPAL, yang telah lebih dulu dipastikan turun kasta musim depan. (Footballitalia/OL-5)

BERITA TERKAIT