02 August 2020, 23:35 WIB

Meski Pecah Ban, Lewis Hamilton Juarai Grand Prix Britania


Antara | Olahraga

Lewis Hamilton menjuarai Grand Prix Britania di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu secara dramatis setelah melintasi garis finis dengan ban depan yang pecah.

Ban depan kiri pebalap Mercedes itu mendadak pecah di putaran terakhir, namun dengan margin yang cukup lebar dari Max Verstappen, Hamilton mampu membawa mobil W11nya melintasi garis finis lebih dulu.

"Lap terakhir itu, tadinya semuanya berjalan mulus, ban terasa bagus. Valtteri sangat menekanku, jadi ketika aku mendengar ban dia bocor, aku melihat punyaku dan mereka tampak baik," kata Hamilton seperti dikutip laman resmi F1.

"Aku mulai bertahan, aku melihat jika bentuk banku berubah.... mencoba mempertahankan keepatan, ya Tuhan! Aku tak pernah mengalami hal seperti ini di lap terakhir, jantungku nyaris berhenti," kata Hamilton.

Valtteri Bottas juga mengalami pecah ban dua lap jelang finis ketika berada di belakang Hamilton yang memimpin lomba, hingga sang pebalap Finlandia itu harus merelakan posisinya direbut oleh Max Verstappen. Bottas yang bisa saja naik podium hari itu, justru terlempar ke P11.

Sang pebalap Red Bull, kendati gagal menyusul Hamilton kehilangan bannya, cukup puas finis runner-up hari itu, 5,856 detik setelah sang pebalap Mercedes. Charles Leclerc mengamankan podium untuk Ferrari di P3.

"Ini beruntung dan ketidakberuntungan. Ban tidak terlihat bagus dengan sepuluh lap terakhir, aku melihat Valtteri bocor...lalu Lewis juga bocor ban. Aku sangat senang di tempat kedua," kata Verstappen. (OL-19)

BERITA TERKAIT