02 August 2020, 23:35 WIB

Di Masa Pandemi, Pemakaman Al Azhar Perbanyak Kurban 


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

PEMAKAMAN Islam Al Azhar turut menunaikan ibadah kurban pada Iduladha 1441 H dengan menyerahkan jumlah hewan kurban sebanyak 56 ekor domba dan tiga ekor sapi. Kurban yang berasal dari penyisihan dana perusahaan diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat sekitar Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat, pada Minggu (2/8).

Direktur Utama Al-Azhar Memorial Garden (AMG) Nugroho Adiwiwoho mengungkapkan jumlah hewan kurban tahun ini sengaja ditingkatkan demi memperluas sebaran penerima sehingga semakin banyak yang terbantu di masa pandemi covid-19.

"Dampak pandemi Covid sangat berpengaruh bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama golongan ekonomi menengah ke bawah. Penambahan jumlah kurban tahun ini sekaligus wujud kepedulian kami terhadap masyarakat sekitar, khususnya yang terdampak covid," ungkap Nugroho dalam pernyataan tertulisnya, Minggu (2/8).

Ia menambahkan, pelaksanaan kurban tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya karena menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19. Beberapa aturan yang diterapkan antara lain menghindari kepadatan di lokasi, menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh, penerapan jaga jarak, dan mencuci tangan sebelum memasuki area pengambilan hewan kurban. 

Meski begitu, menurutnya, pelaksanaan ibadah kurban tahun ini tetap berjalan dengan khidmat dan diharapkan dapat menjadi berkah bagi perusahaan sekaligus penerima.

Marni, seorang warga di Telukjambe berterima kasih dan merasa terbantu dengan adanya pembagian daging kurban dari AMG.

"Di masa pandemi ini banyak dari kami yang kehilangan pekerjaan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan harian cukup sulit. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada AMG yang selalu peduli terhadap kami, warga sekitar pemakaman," tuturnya.

Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden di Teluk Jambe Timur, Karawang, dikelola berdasarkan syariat Islam, mulai dari penanganan jenazah sebelum dimakamkan hingga perawatan dan penjagaan makam pasca pemakaman.

Yayasan Pesantren Islam Al Azhar mengembangkan taman pemakaman Islam seluas 25 hektare itu pada 2011 silam. Kapasitas yang dirancang sebanyak 29 ribu jenazah dengan konsep makam dalam taman. Dengan adanya akses layang Tol Jakarta Cikampek, pemakaman Islam Al-Azhar dapat ditempuh 50 menit saja dari Jakarta. (X-12)

BERITA TERKAIT