03 August 2020, 00:55 WIB

Virus Korona di Afrika Selatan Tembus 500 Ribu


MI | Internasional

PENYEBARAN virus korona baru (covid-19) secara global belum juga mendekati akhir. Kasus virus korona di Benua Afrika mencapai 934.558 kasus dengan 19.752 kematian dan 585.567 yang dinyatakan pulih.

Afrika Selatan menjadi penyumbang utama dalam penyebaran virus korona di Benua Afrika tersebut. Kementerian Kesehatan Afrika Selatan, Sabtu (1/8), mengonfirmasi total kasus covid-19 telah melampaui 500 ribu kasus.

Hal tersebut terjadi setelah negara paling maju di Benua Afrika itu mencatat tambahan 10.107 kasus covid-19 secara harian. Ini membuat total kasus penyakit pernapasan yang disebabkan virus korona itu capai 503.290.

Sejauh ini, lebih dari 3 juta orang telah diuji untuk virus korona di Afrika Selatan, yang mengonfirmasi kasus pertamanya lima bulan lalu, dan 8.153 kematian telah dicatat.

Afrika Selatan memberlakukan penguncian nasional pada akhir Maret untuk mengekang penyebaran virus. Negara tersebut kini sudah melakukan relaksasi dengan meredakan banyak pembatasan guna meningkatkan kegiatan ekonomi.

“Penguncian berhasil menunda penyebaran virus lebih dari dua bulan, mencegah peningkatan infeksi yang tibatiba dan tidak terkendali pada akhir Maret,” kata Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dalam pernyataan terpisah.

Direktur Kedaruratan WHO Mike Ryan, pekan lalu, memperingatkan pengalaman Afrika Selatan ialah pendahulu untuk apa yang mungkin terjadi di seluruh benua. Jarak sosial yang sulit diberlakukan di daerah perkotaan miskin di kawasan Benua Afrika yang padat bisa menjadi pemicu penyebaran virus.

Ini menjadi peringatan bagi negara-negara di Benua Afrika lainnya yang sebagian besar layanan kesehatannya bahkan tak lebih baik dari Afrika Selatan. (CNA/Hym/I-1)
 

BERITA TERKAIT