02 August 2020, 20:29 WIB

Besok, Ada 155 Unit Tambahan Bus Transjakarta di 10 Koridor


Selamat Saragih | Megapolitan

PT TRANSJAKARTA bersiap umtuk menambah armada sebanyak 155 unit pada 10 ruas koridor rute yang terimbas berlakunya kembali kebijakan ganjil-genap pada besok (Senin,3/8).

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan dan Humas PT Transjakarta, Nadia Disposanjoyo, mengatakan, total tambahan sedikitnya 155 unit bus pada 10 ruas koridor rute yang bersinggungan dengan 25 ruas jalan ganjil-genap.

"Penambahan ini dilakukan untuk antisipasi lonjakan pelanggan pada waktu tersebut dengan tetap memastikan terjaganya kapasitas maksimum sesuai protokol pencegahan Covid-19 yaitu 50 persen dari kapasitas angkut," kata Nadia melalui keterangan tertulis kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (1/8) malam.

Dia menambahkan, pihaknya mengantisipasi kepadatan panumpang arus balik, karena di wilayah Ganjil DKI Jakarta kembali diberlakukan kebijakan sistem nomor polisi ganjil genap. Karena itulah, bus cadangan disiapkan di halte Bus Transjakarta

"Selain itu juga mempercepat pengosongan halte pada jam-jam tertentu, di mana sistem ganjil-genap diterapkan yaitu pagi hari pukul 06.00 – 10.00 WIB dan sore pukul 16.00 – 21.00 WIB," ujarnya.

Berikut 10 ruas koridor rute Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta yang bersinggungan dengan 25 ruas jalan ganjil-genap akan mengalami penambahan armada:

Koridor 1 Blok M - Kota
Koridor 2 Pulogadung 1 - Harmoni
Koridor 3 Kalideres-Pasar Baru
Koridor 4 Pulogadung 2 - Dukuh Atas 2
Koridor 5 Kampung Melayu - Ancol.
Koridor 6 Ragunan - Dukuh Atas 2
Koridor 7 Kampung Rambutan-Kampung Melayu
Koridor 8 Lebak bulus - Harmoni.
Koridor 9 Pinang Ranti - Pluit
Koridor 10 PGC 2 - Tanjung Priok.

"Sehingga total armada beroperasi di 13 koridor masa ganjil-genap akan mencapai 871 unit dan siap operasi untuk Senin besok," kata Nadia.

Transjakarta mengimbau agar warga tetap di rumah seandainya tidak memiliki keperluan mendesak.

Jika hendak menumpang bus Transjakarta, lanjut Nadia, pihaknya berharap agar penumpang dalam keadaan fit dan mengatur jadwal keberangkatan.

"Selalu mengingatkan diri dan sesama pelanggan untuk tidak berdesakan di halte maupun di dalam bus dan memperkuat perlindungan diri pada saat bepergian dengan memastikan masker selalu terpasang pada saat perjalanan, tidak ngobrol selama perjalanan, menggunakan pakaian tertutup, dan sangat direkomendasikan untuk menggunakan proteksi ganda berupa face shield setelah menggunakan masker," kata dia.

"Tempati posisi duduk atau berdiri sesuai dengan rambu yang sudah dipasang di dalam bus maupun halte dan mematuhi imbauan petugas," ungkap Nadia. (OL-12)

BERITA TERKAIT