02 August 2020, 06:45 WIB

Pemkab Pidie Sembelih 67 Hewan Kurban


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

JAJARAN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie menyembelih 67 ekor hewan kurban dalam rangkan syiar merayakan Idul Adha 1441 H. Hewan kurban berupa 51 ekor lembu dan 16 ekor kambing.

Penyembelihan dilaksanakan pada hari Sabtu (1/8), lantaran hari raya Idul Adha bertepatan dengan hari Jumat sehingga waktunya akan bentrok dengan ibadah salat Jumat.

Wakil Bupati Pidie Fahdlullah TM Daud mengatakan hewan kurban itu merupakan sumbangan patungan pribadi para pejabat politik dan pejabat struktural di jajaran Pemkab setempat. Setelah dikumpulkan oleh panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dari para penyumbang, lalu membelikan hewan ternak sapi dan kambing.

"Sesuai hukum fiq syariah, dalam satu lembu dikumpulkan dari 7 orang penyumbang dan satu ekor kambing dari 1 penyumbang" tutur Fadlullah TM Daud kepada Media Indonesia.

Baca juga:  Pemkab Sorong Sumbang 20 Sapi untuk Idul Adha

Dikatakannya, daging kurban ini akan disalurkan kepada kaum dhuafa, santri dan jemaah masjid yang dianggap berhak menerimanya (mustahiq). Pun dibagikan kepada pegawai honorer atau kontrak di jajaran pemkab setempat.

"Untuk kebersamaan semua pejabat Pemkab juga diperkenankan menikmati daging kurban ini. Walaupun ada juga yang menyumbangkan jatahnya ke orang lain yang menurutnya perlu perhatian" tambah Wabup.

Wakil Bupati kelahiran dataran tinggi Tangse itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang menyumbang hewan kurban kali ini. Karena sumbangan daging di tengah pandemi covid-19 begitu bermanfaat dan bermakna, terutama bagi yang tidak mampu. Apalagi ada di antara mereka yang hanya sedikit saja membeli daging mameugang di hari menjelang Idul Adha kali ini.(OL-5))

BERITA TERKAIT