02 August 2020, 06:00 WIB

Setelah Treble, PSG Menatap Eropa


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

PARIS Saint-Germain (PSG) sukses mengamankan trofi Coupe de la Ligue alias Piala Liga Prancis setelah mengalahkan Lyon melalui drama adu penalti, kemarin dini hari.

Setelah bermain imbang 0-0 pada waktu normal dan perpanjangan waktu, laga berlanjut ke adu penalti. Pablo Sarabia sebagai penendang keenam menjadi penentu kemenangan PSG lewat tos-tosan, setelah kiper asal Kosta Rika Keylor Navas sukses menepis sepakan algojo keenam Lyon, Bertrand Traore, dan membuat skor menjadi 6-5. Lima eksekutor kedua tim sama-sama mampu menunaikan tugas dengan baik.

PSG sukses mencatatkan treble domestik dengan menyabet Ligue 1, Piala Prancis, dan Coupe de la Ligue musim ini. Neymar dan kolega juga melanjutkan dominasi di Prancis dengan meraih empat kali treble gelar domestik dalam enam tahun terakhir.

Setelah mencatatkan treble domestik, manajer PSG Thomas Tuchel kini mengincar quadruple atau empat trofi dalam satu musim. Les Parisiens, julukan PSG, memiliki kesempatan untuk meraih gelar Liga Champions Eropa guna melengkapi piala domestik. PSG akan melawan tim debutan asal Italia, Atalanta, pada babak perempat final, Kamis (13/8) dini hari WIB.

Tuchel mengaku treble gelar domestik plus satu gelar Trophee des Champions yang disabet awal musim akan menjadi modal berharga untuk menyabet gelar Liga Champions yang diidam-idamkan publik Prancis.

Sejauh ini, PSG masih terjegal di fase gugur dan gagal memajang trofi Liga Champions di lemari klub, meski telah mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan bintang, seperti Neymar dan Kylian Mbappe.

“Saya bangga dengan tim, mereka menikmati bermain bersama dan berkorban bersama. Sekarang kami meraih empat trofi domestik dan kami sangat siap untuk perempat final Liga Champions,” kata Tuchel dilansir dari situs resmi klub.

Hal yang sama juga diutarakan Ander Herrera yang siap melanjutkan dominasi di ranah domestik untuk berbicara banyak di Eropa.

“Semua pemain terlibat dalam kesuksesan ini. Kami siap untuk Liga Champions. Kami telah berlatih 3-4 minggu. Saya merasa semua orang siap untuk Liga Champions,” kata Herrera.

Mbappe pulih

Herrera mengaku optimistis rekan setimnya, Kylian Mbappe, segera pulih dari cedera pergelangan kaki yang diderita saat final Piala Prancis kontra St Etienne, pekan lalu.

Mbappe akan menjalani pemulihan selama tiga pekan dan dikhawatirkan akan absen pada laga perempat final Liga Champions kontra Atalanta.

Tuchel mengatakan butuh keajaiban agar pemain berusia 21 tahun itu bisa pulih cepat dan dapat tampil kontra Atalanta. Namun, Herrera mengaku optimistis striker asal Prancis itu dapat segera pulih.

“Kami optimistis dengan Kylian. Kami melihatnya bisa berjalan. Dia sangat profesional, dia muda. Dia ingin bermain. Dia berlatih setiap hari, pagi dan sore. Namun, jika tidak mungkin baginya untuk bermain, kami masih ada solusi lain. Kylian sangat penting bagi kami dan saya yakin dia ingin bermain,” kata Herrera. (PSG/Goal/R-2)

BERITA TERKAIT