01 August 2020, 20:44 WIB

Proses Hukum Djoko Tjandra Harus Dilakukan Transparan


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

KASUS Djoko Tjandra dinilai menjadi pelajaran penting bagi penegak hukum. Dugaan adanya oknum-oknum yang terlibat dalam pelarian Djoko Tjandra membuat transparansi proses hukum kasus Djoko Tjandra sangat penting dilakukan.

Pakar Hukum Pidana, Indriyanto Seno Adji, menilai sejauh ini kerja Polri sudah baik dan patut diapresiasi. Penangkapan dan pemulangan, Djoko Tjandra dinilainya merupakan bentuk High Level Inter States Diplomacy atau kerja sama diplomasi tingkat tinggi negara.

"Saya tidak lihat ada kejanggalan kinerja Polri untuk menangkap Djoko Tjandra," ujar Indriyanto, ketika dihubungi, Sabtu, (1/8).

Meski begitu ia mengatakan bahwa proses masih panjang dan harus terus berjalan. Di antaranya pemeriksaan dugaan tindak pidana mengenai pemalsuan dokumen. Termasuk juga penegakan hukum pada oknum-oknum yang mencoba menghalangi proses hukum pada Djoko Tjandra atau obstruction of justice.

"Siapa-siapa yang terlibat akan dibuka secara transparan. Jadi sebaiknya publik menunggu kelanjutan proses pelanggaran hukum yang sudah dimulai pemeriksaannya oleh Bareskrim Polri ini," ujar Indriyanto.

Selain itu, ia mengatakan Kejaksaan Agung harus segera mengeksekusi Djoko Tjandra berdasarkan putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung pada 2009 silam.(OL-4)

BERITA TERKAIT