01 August 2020, 19:41 WIB

Ahsan Fokus Jaga Motivasi Menuju Olimpiade 2021


Rahmatul Fajri | Olahraga

PEBULU tangkis Indonesia Mohammad Ahsan mengaku tengah fokus menjaga motivasi menuju Olimpiade Tokyo 2021. 

Pasangan Hendra Setiawan di nomor ganda putra itu mengaku akan menjaga motivasinya hingga setahun ke depan agar mampu tampil maksimal dan berbicara banyak di event akbar empat tahunan itu.

Ahsan telah tampil di dua edisi Olimpiade pada 2012 dan 2016. Pada Olimpiade 2012 London, ia berpasangan dengan Bona Septano dan hanya melangkah hingga perempat-final setelah dikalahkan wakil Korea Selatan Jung Jae-sung/Lee Yong-dae. 

Sedangkan pada Olimpiade 2016 Rio, Ahsan berpasangan dengan Hendra tersingkir lebih dulu di fase grup setelah kalah dari wakil Jepang Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa dan wakil Tiongkok Chai Biao/Hong Wei.

Di Olimpiade Tokyo 2021, Ahsan yang masih berpasangan dengan Hendra diunggulkan meraih medali emas berkat penampilan apik beberapa tahun terakhir. Ahsan/Hendra yang kini menghuni peringkat dua dunia di bawah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sukses menyabet gelar bergengsi seperti Kejuaraan Dunia 2019, All England 2019, dan BWF World Tour Finals 2019.

"Mungkin buat saya (penundaan) bisa diambil hikmahnya. Dengan diganti tahun depan memang ada pengaruh dengan usia bertambah, tapi saya akan terus menjaga motivasi dan fokus buat Olimpiade," kata Ahsan, ketika sesi live instagram bersama Badminton Indonesia, Sabtu (1/8).

Peraih juara dunia tiga kali bersama Hendra itu mengaku tak menambah menu latihan jelang tampil di Olimpiade 2021. Menurutnya, di umur 32 tahun yang diperlukan adalah menjaga fisik agar terhindar dari cedera.

"Latihan tetap seperti biasa, mungkin di umur ini tidak ada yang kita tingkatin lagi secara fisik. Mungkin hanya jaga fisik dan badan biar tidak cedera. Lalu, motivasinya harus tetap dijaga jangan sampai melemah," kata peraih medali emas Asian Games 2014 itu.

Lebih lanjut, pebulu tangkis kelahiran Palembang itu belum memikirkan untuk gantung raket seusai mengikuti Olimpiade 2021. Ia mengatakan selama dirinya masih mampu bersaing di level atas akan tetap melanjutkan karirnya di dunia tepok bulu dalam beberapa tahun ke depan.

"Selama masih kuat dan bersaing, tidak ada masalah. Belum ada (rencana pensiun). Namun, kita tidak bisa prediksi masa depan. Badminton adalah passion saya, tapi mencoba hal baru juga bukan hal yang mustahil," ungkap Ahsan. (OL-8).

BERITA TERKAIT