01 August 2020, 18:58 WIB

Ini Penyebab Tenaga Medis Rentan Terpapar Covid-19


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

PAKAR epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia Pandu Riono mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia yang meninggal akibat covid-19. Dua di antaranya yakni akibat ketidaksiapan rumah sakit atau sang dokter berada di daerah yang tingkat penularannya sangat tinggi.

“Kita perlu lihat, di kota mana saja kematian itu terjadi? Lalu kita lihat adakah kluster di rumah sakit-rumah sakit tertentu? Jadi kita tidak melihat jumlahnya, kita melihat kualitas layanan rumah sakitnya,” kata Pandu saat dihubungi Mediaindonesia.com, Sabtu (1/8).

Tetapi menurut Pandu, belum ada analisis lebih lanjut terkait faktor-faktor tersebut. Padahal jika hasil dari analisis tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan upaya pencegahan sehingga kejadian yang sama tidak terulang kembali di masa mendatang.

Selain itu, sikap kurang hati-hati dari para tenaga medis juga bisa mengakibatkan mereka tertular covid-19. Misalnya, saat bertemu para pasien noncovid, maka mereka juga harus tetap berhati-hati karena siapa saja dapat membawa infeksi.

“Dan jangan merasa kalau (pasien) sudah dites rapid test negatif kemudian aman. Kebanyakan dokter-dokter itu waktu di rumah sakit memberikan prasyarat sebelum dibedah dirapid test dulu, padahal rapid test itu tidak bisa dipakai untuk screening dan itu masih dipakai di rumah sakit, keliru itu. Anggap saja semua orang sakit berpotensial menularkan,” tegasnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga para dokter terinfeksi covid-19 di luar lingkungan rumah sakit. Oleh sebab itu, siapapun harus tetap berhati-hati. (OL-8).

 

BERITA TERKAIT