01 August 2020, 14:30 WIB

Kasus Covid-19 di Singapura Bertambah Lagi


Sri Purwandhari | Internasional

Singapura melaporkan 396 kasus covid-19 baru pada Jumat (31/7) siang setelah ada tiga tambahan infeksi baru di masyarakat, kata Ministry of Health (MOH/Kementerian Kesehatan). Tambahan kasus menyebabkan total kasus di negara ini menjadi 52.205.

Kasus-kasus covid-19 di masyarakat terdiri dari pemegang izin masuk, pemegang izin kerja dan pemegang izin kunjungan jangka pendek, menurut MOH.

Di antara mereka, ada seorang pria berusia 26 tahun dari India yang pernah kontak dengan kasus sebelumnya (kasus 48.283) dan sudah dikarantina.

Dia diuji selama karantina dia menjalani tes covid-19 untuk menentukan statusnya, meskipun dia tidak menunjukkan gejala.

Dua kasus lainnya saat ini tidak berhubungan. Satu di antaranya adalah seorang wanita 67 tahun dari Tiongkok yang sudah menjalani tes covid-19.

Baca juga: Korban Tewas Akibat Covid-19 di AS Bertambah 1.442 dalam 24 Jam

Pemerintah diketahui meningkatkan pengujian pada warga yang berusia 13 tahun ke atas yang didiagnosis dengan infeksi pernapasan akut saat kunjungan ke dokter. Wanita tersebut mengalami gejala pada 28 Juli.

Kasus komunitas yang tidak terkait lainnya terjadi pada seorang pria berusia 33 tahun dari India. Pria tersebut terdeteksi dari hasil screening yang dilakukan pemerintah terhadap pekerja penting di luar asrama.

Dia tidak menunjukkan gejala, tetapi hasil tes serologinya positif. "Ini menunjukkan kemungkinan bahwa dia sudah pernah terinfeksi sebelumnya," kata Depkes.

Selain itu, ada juga tiga kasus impor. Mereka bertiga baru melakukan perjalanan dari India.

Satu di antaranya adalah seorang anak perempuan Singapura berusia 6 tahun yang kembali ke Singapura pada 3 Juli. Dia langsung mengisolasi di rumah begitu datang, tapi kemudian ditempatkan di karantina. Dia dinyatakan positif mengidap covid-19 itu selama dikarantina.

Dua kasus impor lainnya adalah penduduk tetap. Keduanya tiba di Singapura pada 19 Juli. Keduanya juga diimbau untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Sebagian besar kasus baru covid-19 adalah pemegang izin kerja yang tinggal di asrama pekerja asing. (CNA/OL-14)

 

BERITA TERKAIT