01 August 2020, 13:03 WIB

Gubernur Kepri Positif Covid-19, Istana: Sebelum Dilantik Negatif


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

GUBERNUR Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto dinyatakan positif covid-19 setelah dilantik Presiden Joko Widodo. Diduga, Isdianto terpapar virus korona saat acara penyambutan di Bandara Raja Haji Fisabilillah dan Gedung Daerah Tanjungpinang.

Pihak Istana Kepresidenan memastikan Isdianto telah menjalani tes usab (swab test) sebelum dilantik Presiden dan hasilnya negatif.

"Saya meminta semua swab di Jakarta dan saat itu hasilnya negatif. Setelah dari Istana, gubernur ada kegiatan lainnya di luar Istana yang saya tidak tahu," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sabtu (1/8).

Baca juga: Sudah 500 Relawan Siap Jadi Subjek Uji Klinis

Isdianto dilantik Presiden Jokowi pada Senin (27/7). Heru mengatakan, dua hari sebelumnya, Isdianto bersama keluarga serta rombongan melakukan tes usab di Jakarta dan hasilnya negatif.

Kabar Gubernur Isdianto positif covid-19 sebelumnya datang dari Satgas Penanganan Covid-19 Kepulauan Riau.

Pemeriksaan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam menunjukkan Gubernur positif tertular covid-19 dan sejak dua hari terakhir menjalani karantina mandiri di rumah dinasnya.

Sebelum dikonfirmasi tertular virus korona, Gubernur diketahui menghadiri acara penyambutan di Bandara Raja Haji Fisabilillah dan Gedung Daerah Tanjungpinang.

Isdianto juga diketahui sempat mengunjungi Pulau Penyengat dan Makam Pahlawan Tanjungpinang. Ia juga sempat menghadiri beberapa acara lain. (OL-1)

BERITA TERKAIT