01 August 2020, 10:02 WIB

Ratusan Anak di Perkemahan Musim Panas Terinfeksi Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

RATUSAN nak terinfeksi covid-19 di perkemahan musim panas di Negara Bagian Georgia, Amerika Serikat (AS), bulan lalu. Hal itu diutarakan otoritas kesehatan AS, Jumat (31/7), sembari mengatakan hal itu merupakan bukti anak-anak juga musah tertular covid-19 dan menjadi vektor transmisi.

Covid-19 menginfeksi setidaknya 260 dari 597 peserta perkemahan musim panas sembari menambahkan jumlah sebenarnya bisa jadi lebih tinggi karena yang bisa dites hanya sebanyak 58% dari peserta perkemahan.

Pengelola perkemahan musim panas itu mengabaikan nasihat Pusat Pengendalian Penyakit AS yang mengharuskan seluruh peserta mengenakan masker.

Baca juga: Fauci: Berhati-hati dengan Vaksin asal Tiongkok dan Rusia!

Namun, pengelola perkemahan musim panas itu mengikuti perintah pemerintahan negara bagian agar seluruh partisipan menunjukkan bukti mereka negatif covid-19 dengan hasil tes yang diambil 12 hari atau kruang sebelum kedatangan.

Tindakan pencegahan lain yang dilakukan adalah menjaga jarak fisik, pembersihan permukaan secara rutin, mempertahankan ank-anak dalam kelompok-kelompok kecil, dan penggunaan bergantian area komunal.

Perkemahan itu menggelar acara orientasi bagi 138 anak-anak dan 120 anggota staf antara 17 dan 20 Juni, mayoritas dari mereka berusia kurang dari 21 tahun.

Pada 21 Juni, perkemahan itu mulai melakukan aktivitas dengan peserta perkemahan sebanyak 363 orang yang berusia antara 6 dan 19 tahun.

Pada 23 Juni, seorang anggota staf meninggalkan perkemahan karena demam. Dia menjalani tes covid-19 pada 24 Juni dan dinyatakan positif.

Perkemahan itu langsung memulangkan seluruh peserta perkemahan dan menutup perkemahan secara total pada 27 Juni.

Penyelidikan kesehatan dimulai pada 25 Juni menemukan bahwa 260 dari 344 orang yang mengikuti tes covid-19 dinyatakan positif. Dari mereka, 74% hanya mengalami gejala ringan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT