01 August 2020, 08:50 WIB

Adik Kandung Gus Dur, Gus Im, Tutup Usia


Syarief Oebaidillah | Humaniora

Kabar duka kembali menyelimuti keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU). Adik kandung Presiden RI ke KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH Hasyim Wahid, berpulang ke rahmatullah.

KH Hasyim Wahid yang akrab disapa Gus Im merupakan salah satu tokoh Nahdlatul Ulama, cucu dari Hadratus Syeikh KH Hasyim Asy`ari, pendiri NU dan putra bungsu dari KH Wahid Hasyim.

Kabar duka meninggalnya Gus Im yang juga adik almarhum Salahuddin Wahid (Gus Sholah) itu terpantau dari cuitan Irfan Wahid, anak Gus Sholah, lewat akun Twitter @ipangwahid.

Baca juga: Idul Adha dengan Protokol Kesehatan

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun Telah berpulang KH Hasyim Wahid bin KH Wahid Hasyim (Gus Im) pada Sabtu pukul 04.18 WIB. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu. Jenazah rencana akan disemayamkan di Ciganjur dan dimakamkan di Denanyar, Jombang," cicit Irfan.

Kabar duka juga beredar luas di grup aplikasi pesan instan WhatsApp. Disebutkan adik mendiang Gus Dur itu wafat pada pukul 04.18 WIB di RS Mayapada, Jakarta.

Sebelumnya, kakak kandung Gus Im, yakni Gus Solah, juga berpulang pada 2 Februari tahun ini.

Kiprah Gus Im dalam kesehariannya pernah bertugas pada bidang pemerintahan sebagai salah satu pejabat Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Selain itu, Gus Im berkiprah pada keanggotaan pengurus PDI Perjuangan dan anggota Yayasan Keluarga Pembina Kesatuan (YKPK). (OL-1)

BERITA TERKAIT