01 August 2020, 05:15 WIB

Garebeg Besar Digelar tanpa Rebutan


Agus Utantoro | Nusantara

MESKI wabah masih berlangsung, Keraton Yogyakarta tetap menggelar Garebeg Besar, kemarin. Akan tetapi, tahun ini, keramaian rebutan yang mewarnai prosesi itu ditiadakan. “Keraton Yogyakarta tetap membagikan ubarampe gunungan berupa rengginang.

Keraton tetap konsisten melestarikan tradisi di masa pandemi,” ujar Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura GKR Condrokirono, kemarin. Prosesi akan dipimpin GKR Mangkubumi.

“Pelaksanaan agenda digelar dengan tata cara yang sama seperti saat peringatan Idul Fitri dengan pertimbangan protokol kesehatan. Prosesi ini tetap bermakna sebagai ungkapan rasa syukur dan sedekah dari raja kepada kerabat dan rakyatnya,” imbuh Condrokirono.

Ia menambahkan di masa lalu garebeg dilakukan dengan membagi-bagikan ubarampe gunungan, bukan dengan rebutan. Ubarampe rengginang mulai dirangkai pada Kamis (30/7) di Bangsal Srimanganti, Keraton Yogyakarta. Selanjutnya, ubarampe didistribusikan kepada abdi dalem Keraton Yogyakarta, Puro Pakualaman, dan Kepatihan. (AU/AT/N-2)

BERITA TERKAIT