01 August 2020, 03:45 WIB

UI Peringkat Teratas Versi Webometrics 2020


MI | Humaniora

UNIVERSITAS Indonesia menempati peringkat tertinggi perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2020. UI juga disebut Webometrics meraih peringkat ke-9 di Asia Tenggara dan peringkat ke-693 di dunia.

“UI dinilai terbaik dalam membuka akses publikasi ilmiah sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat dunia melalui jaringan internet,” jelas Rektor UI Ari Kuncoro melalui keterangan resmi, Kamis (30/7).

Menurut Ari, situasi pandemi covid-19 turut membiasakan dan mengoptimalkan penerapan pembelajaran daring. Tidak hanya menyelenggarakan kegiatan perkuliahan secara daring bagi mahasiswanya, para akademisi UI juga kerap berbagi ilmu melalui webinar yang kini dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.

“Pencapaian UI pada pemeringkatan Webometrics menjadi penyuntik semangat agar UI semakin terdepan di dalam memanfaatkan information communication technology (ICT) untuk kemajuan pendidikan dan penelitian bangsa,” kata Ari.

Terpisah, Wakil Rektor I bidang Akademik Universitas Brawijaya (UB) Prof Aulanni’am mengungkapkan prestasi itu membanggakan di tengah pandemi covid-19. “UB terus berupaya meningkatkan kualitasnya agar mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional,” kata Aulanni’am dilansir dari laman resmi UB, kemarin.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi dunia berbasis website. Webometrics memberikan empat indikator penilaian, yakni presence, visibility, tansparency/openness, dan excellence.

Setelah UI, secara berturut-turut adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember, Telkom University, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Sumatra Utara,
Universitas Diponegoro, serta Universitas Sebelas Maret. (Aiw/Ant/H-3)

BERITA TERKAIT