31 July 2020, 17:53 WIB

Lemkapi: Penangkapan Joko Tjandra Adalah Pembuktian Polri


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

LEMBAGA Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai penangkapan buronan Joko Tjandra kembali ke Indonesia dari Malaysia oleh Bareskrim Polri merupakan pembuktian Polri.

"Kinerja tim yang dipimpin Kabareskrim Polri yang menangkap Joko Tjandra patut kita apresiasi. Ini adalah kinerja hebat. Polri telah menjawab semua keragukan masyarakat," tutur Direktur eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan, kepada mediaindonesia.com, Jumat (31/7).

Menurut mantan anggota Kompolnas ini, keberhasilan penangkapan sang Joker, sebutan Joko juga tak lepas dari komitmen Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Kapolri tidak akan mentolerir anak buahnya yang terlibat membantu buronan Joko Tjandra. Polri akan memproses semua pihak yang terlibat," tegasnya.

Baca juga : MPR: Polri Tunjukan Sikap Promoter

Begitu juga dengan tindakan hukum yang dilakukan Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Menurutnya, para Pati yang menyalahgunakan kewenangan harus diberikan sanksi yang tegas dan hukuman yang berat.

"Kabareskrim tidak segan menindak dan memproses hukum pati Polri yang terindikasi melanggar hukum dan membantu buronan Joko," paparnya.

"Joko Tjandra yang sebelumnya diragukan sulit ditangkap Polri, ternyata bisa dibekuk di mlMalaysia. Ini adalah kado terindah Polri kepada negara menjelang HUT RI ke-75," tambah Pakar Hukum Kepolisian Umiversitas Bhayangkara Jakarta itu. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT