31 July 2020, 17:48 WIB

Tangkap Joko Tjandra, Kompolnas Puji Polri


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

KOMISI Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi kinerja Polri setelah menangkap terpidana kasus hak tagih atau cassie Bank Bali, Joko Tjandra. Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Kompolnas Poengky Indarti.

"Apresiasi tinggi kepada Polri atas kerja keras dan profesionalitasnya dapat segera menangkap Joko Tjandra," kata Poengky melalui keterangan tertulis kepada mediaindonesia.com, Jumat (31/7).

"Dengan kerjasama P to P (police to police) yang sangat baik dengan Kepolisian Diraja Malaysia, Joko Tjandra akhirnya berhasil ditangkap di Malaysia dan dipulangkan ke Indonesia," sambungnya.

Poengky menyebut kinerja Polri telah menyelamatkan muka Indonesia dan memulihkan kepercayaan publik. Hal itu, sambungnya, didasarkan atas keraguan yang sempat muncul di publik karena ada oknum Polri yang mencederai institusi Polri dengan membantu Joko Tjandra untuk kabur ke Malaysia.

Baca juga : Polri Diminta Tangkap Buron Kasus Korupsi Lain

"Saya melihat tidak hanya terkait penangkapan Joko Tjandra. Sebelumnya kita juga sudah melihat bahwa Kapolri sudah sangat tegas dan memerintahkan Kabareskrim untuk menindak tegas anggota-anggota Polri dan pihak-pihak lain yang diduga terlibat dalam melindungi Joko Tjandra," ujar Poengky.

Poengky berharap sikap tegas dan profesionalisme Polri terus ditingkatkan. Penangkapan Joko Tjandra, sambungnya, merupakan momentum untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa Polri benar-benar profesional, modern, dan terpercaya.

"Saya optimis kasus Djoko Tjandra akan dapat diproses hukum secara baik oleh Polri," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo memimpin penangkapan dan membawa Joko Tjandra kembali ke tanah air dari Kuala Lumpur, Malaysia. (OL-2)

 

 

BERITA TERKAIT