31 July 2020, 17:33 WIB

Ini Syarat Rapid Test Seharga Rp85 Ribu di Stasiun KA


Lilik Darmawan | Nusantara

PT Kereta Api (KA) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) menyediakan layanan tes rapid di Stasiun Purwokerto. Sehingga penumpang yang akan menggunakan KA jarak jauh dan belum sempat tes rapid akan langsung dapat dilayani dengan ongkos hanya Rp85 ribu.

Baca juga: RS Swasta di Palembang Telah Layani Rapid Test Rp150 Ribu

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan bahwa tes rapid bisa dilayani dengan syarat penumpang menunjukkan bukti pemesanan tiket KA jarak jauh. "Untuk di Stasiun Purwokerto, pelayanan dilaksanakan di hal stasiun. Layanan ini disediakan untuk memberikan kemudahan bagi calon penumpang pada masa adaptasi kebisaan baru seperti sekarang ini," jelas Supriyanto pada Jumat (31/7).

Baca juga: Dahlan Iskan: Cuma Sumbar yang tidak Beli Alat Rapid Test

Supriyanto mengatakan, pelayanan tes rapid kepada penumpang KA merupakan kerja sama dengan PT RNI. "Di Stasiun Purwokerto, pelayanan tes rapid dimulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB. Oleh karena itu, kami menyarankan bagi penumpang agar melaksanakan tes rapid sehari sebelum keberangkatan. Sehingga nantinya lebih efektif. Hasil tes rapid dapat berlaku hingga 14 hari," katanya.

Baca juga: Bayar Rp85 Ribu, Ada 100 Orang Rapid Test di Stasiun Pasar Senen

Selain di Stasiun Purwokerto, kegiatan serupa juga dilaksanakan di berbagai stasiun-stasiun besar lainnya dengan jumlah 12 stasiun. "Selain tes rapid, KAI juag terus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, seperti wajib mengenakan masker, suhu tidak lebih dari 37,3 derajat Celcius, kondisi sehat serta mengenakan lengan panjang. Penumpang juga harus mengenakan face shield,�ujarnya. (X-15)

BERITA TERKAIT