31 July 2020, 14:57 WIB

Penyembelih Kurban di Masjid Nursiah Daud Paloh Gunakan APD


Ade Alawi | Humaniora

MASJID Nursiah Daud Paloh, Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, menerapkan protokol kesehatan dalam penyembelihan dan pembagian kurban.

Antara lain, penggunaan alat pelindung diri (APD) terhadap penyembelih hewan kurban dan menghilangkan antrean pembagian daging kurban di masa pandemi covid-19.

Baca juga: Idul Adha Perkuat Solidaritas di Era Pandemi

Caranya adalah dengan membagi sapi hidup ke lingkungan sekitar Kompleks Media Group. "Kami membagi 2 ekor sapi untuk warga sekitar melalui RW/RT," kata CEO Media Group Mirdal Akib seusai salat Idul Adha di Masjid Nursiah Daud Paloh.

Adapun 2 ekor sapi lagi, kata dia, dibagikan ke Yayasan Yatim di Rempo, Ciputat, Jakarta Selatan, dan di Bogor, Jawa Barat. Total ada 11 ekor sapi dan 14 ekor kambing dari pekurban yang memberikan amanahnya ke Dewan Kemakmuran Masjid Nursiah Daud Paloh. "Sisanya 7 ekor lagi disembelih di dalam komplek, dan dagingnya langsung kami bagikan untuk 20 yayasan yatim piatu di sejumlah tempat," ujarnya.

Baca juga: Model Pembinaan Ideologi Pancasila mesti Lebih Inklusif

Menurut Mirdal, pihaknya harus memastikan tak ada antrean. "Karena kalau memberikan ruang antrian mudaratnya banyak, apalagi di masa covid-19," tandasnya.

Begitu pun pemotongan hewan kurban, lanjutnya, menggunakan APD.

Ketua Panitia Salat Idul Adha Endra Supriyatna mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparatur setempat untuk menjalankan protokol kesehatan. "Kami sudah mendapat kunjungan Bhabin Kamtibmas dari Polsek Kebon Jeruk," kata Endra.

Di sisi lain, dari sisi kesehatan daging kurban, lanjut Endra, pihaknya juga mengundang suku dinas kesehatan Jakarta Barat untuk memeriksa daging kurban sebelum dibagikan ke masyarakat.

Sebelumnya, protokol kesehatan Covid-19 juga dilakukan Masjid NUrsiah Daud Paloh saat menggelar Salat Idul Adha. Jemaah diwajibkan memakai masker, membawa sajadah sendiri, pengecekan suhu dan jaga jarak shaf 1 meter. (X-15)

BERITA TERKAIT