31 July 2020, 14:05 WIB

Pandemi Datang, Omzet Jualan Kambing Berkurang


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Di tengah pandemi covid-19, penurunan omzet hewan kurban dirasakan penjual di daerah Kayumanis I, Matraman, Jakarta Timur.

Menurut Abdullah, 35 tahun, pada Idul Adha tahun lalu, dia bisa menjual 200 hingga 300 ekor. Kini hanya 100 ekor kambing atau kurang dari jumlah tersebut yang terjual.

"Kalau penurunan omset hampir setengahnya. Sebelumnya bisa 200 ekor, 300 ekor kambing yang laku. Keadaan begini merosot jauh," kata Abdullah saat ditemui dilokasi pemotongan kurban, Jakarta, Jumat (31/7).

Terkait harga kambing kurban yang ia jual, kata Abdullah, tidak berbeda dari jauh dari sebelum ada pandemi covid-19. "Dari Rp2 juta hingga Rp10 juta," ucapnya.

Abdullah mengatakan sebagian kurban sudah disembelih tadi pagi usai Salat Id. Lalu dilanjutkan pada sore ini dan besok hari, Sabtu (1/8). Menurut Abdullah, pihaknya hanya menjual kambing.

Baca juga: Potong Hewan Kurban, Masjid di Jaktim Terapkan Protokol Kesehatan

"Enggak banyak yang datang tadi. Cuma warga yang beli kambing saja yang datang. Mereka lihat penyembelihan, terus dagingnya langsung dibawa. Orang yang beli itu bakal membagikan sendiri ke warga lain dari rumahnya," kata Abdullah

Untuk kurban di masjid bakal dibagikan langsung oleh pengelola tempat ibadah tersebut. Warga dilarang untuk datang berkerumun di tempat pemotongan.

Abdullah mengklaim pihaknya mengikuti protokol kesehatan saat pemotongan kubran dengan tetap memakai masker. "Petugas yang berjaga tidak lebih dari 20 orang," tukasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT