31 July 2020, 13:36 WIB

Salat Id di Alun Alun Purwokerto Terapkan Protokol Ketat


Lilik Darmawan | Nusantara

PELAKSANAAN salat Id di Alun alun Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) sesuai protokol penanggulangan Covid-19. Jamaah diatur tempatnya dengan jarak sosial pada Jumat (31/7). Mereka yang datang juga harus mencuci tangan dan diperiksa suhu badannya. 

Jamaah juga diwajibkan mengenakan masker selama ibadah berlangsung. Di Banyumas, ada 2.167 tempat yang menyelenggarakan salat Id.

Baca juga: Alun-alun Klaten Dipadati Jamaah Salat Idul Adha

Dalam sambutannya, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa saat sekarang manusia sedang memasuki zaman abnormal. 

"Semua manusia harus selalu menjaga diri dengan mengenakan msker dan menjaga kebersihan. Tetapi mungkin ini menjadi cara supaya semua menjaga kesehatan. Meski tak nerasa nyaman, semua memang harus dilakukan," tegasnya.

Dikatakan oleh Bupati, berbagai upaya terus dilakukan agar Covid-19 segera berlalu, sehingga warga dapat kembali hidup normal dan menjalankan kegiatan ekonomi secara biasa.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Banyumas Akhsin Aedi melaporkan bahwa di Banyumas ada 2.167 tempat yang menyelenggarakan salat Id, baik di tempat terbuka maupun masjid. 

"Tahun ini, jumlah warga di Banyumas yang berkurban sebanyak 33.199 orang. Ada 4.111 ekor sapi dan 5.122 ekor kambing yang dipotong pada Idul Adha saat sekarang," ujarnya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT