31 July 2020, 12:40 WIB

Ada Jamur di Paru-Paru Presiden Brasil Usai Terkena Covid-19


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Internasional

Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, 65, muncul di siaran langsung televisi. Dia terkekeh saat memberi tahu pada pemirsa bahwa dirinya mengalami infeksi covid-19.

Jair menjelaskan telah mengonsumsi antibiotik untuk mengobati infeksinya, tapi antibiotik tersebut membuatnya merasa lemah. "Saya baru saja melakukan tes darah. Saya merasa agak lemah kemarin. Mereka menemukan sedikit infeksi juga. Sekarang saya sedang minum antibiotik," kata Jair seperti yang dilansir dari laman news.sky.com, Jumat (31/7).

Secara terang-terangan Jair mengatakan kini dia memiliki masalah lain setelah hampir tiga minggu dalam isolasi di istana presiden usai didiagnosis terpapar virus covid-19 pada 7 Juli lalu. "Setelah 20 hari di dalam ruangan, saya memiliki masalah lain. Saya memiliki jamur di paru-paru saya," ungkapnya.

Baca juga: Joshua Wong Janji Lanjutkan Perlawanan di Hong Kong

Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut, Jair dinyatakan negatif untuk virus covid-19 Sabtu lalu. Namun, kini istrinya, Michelle Bolsonaro, 38, dinyatakan positif covid-19 pada hari Kamis.

Jair tidak memberikan perincian lebih lanjut tentang infeksinya. Namun ia mengatakan bahwa pembatasan bisnis akan lebih merusak daripada penyakitnya.

Jair menyebut sebagian besar warga Brazil tidak setuju dengan pendekatannya, menurut jajak pendapat baru-baru ini.

Sementara itu, menteri ilmu pengetahuan dan teknologi Brasil Marcos Pontes, 57, menjadi politisi terbaru dan menteri kabinet kelima yang mengumumkan bahwa ia tertular virus covid-19.

Pada Kamis malam, kementerian kesehatan Brasil mengkonfirmasi total 2.610.102 kasus virus covid-19. Terjadi kenaikan kasus covid-19 di Brasil. Sehari sebelumnya jumlah kasus covid-19 2.552.265.

Kira-kira 91.263 orang telah meninggal di negara itu akibat teinfeksi covid-19. (OL-14)

BERITA TERKAIT