31 July 2020, 11:25 WIB

Masyarakat Diminta Patuhi Aturan Idul Adha Tahun Ini


Andhika prasetyo | Humaniora

Perayaan Idul Adha saat ini terasa sangat berbeda karena berlangsung pada masa pandemi covid-19. Kendati demikian, pemerintah memastikan pelaksanaan hari raya kurban tetap bisa berjalan secara khidmat di semua daerah, baik sholat berjamaah maupun prosesi penyembelihan hewan.

"Tetapi dalam hal ini kami juga meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia melalui keterangan resmi, Jumat (31/7).

Baca juga: Perbanyak Daging Kurban untuk Fakir Miskin dan Korban Covid-19

Untuk proses ibadah baik salat maupun penyembelihan hewan kurban, masyrakat diminta untuk menjalankan panduan pelaksanaan yang dikeluarkan Kementerian Agama, serta fatwa MUI dan juga aturan-aturan yang disiapkan pemerintah daerah masing-masing.

"Aturan-aturan ini bersifat saling melengkapi untuk memastikan keamanan masyrakat dalam beribadah serta tertib dalam menjalankan protokol kesehatan selama beribadah," tuturnya.

Adapun, masyarakat yang ingin bepergian mengunjungi saudara atau kerabat pun diimbau untuk melakukan tes kesehatan serta memastikan kondisi fisik dalam keadaan fit. Jangan memaksakan untuk bepergian atau mudik jika kondisi badan dalam keadaan kurang sehat.

"Semoga ibadah kita tahun ini menjadi lebih khidmat dalam suasana pandemi, sehingga bisa memberi makna yang dalam tentang pengorbanan seperti dicontohkan Nabi Ibrahim kepada kita semua," tandasnya. (H-3)
 

BERITA TERKAIT