31 July 2020, 11:03 WIB

Perbanyak Daging Kurban untuk Fakir Miskin dan Korban Covid-19


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

HARI ini, Jumat (31/7), umat Islam di seluruh dunia merayakan Hari Raya Iduladha 1441 H. Adanya pandemi covid-19 membuat Iduladha kali ini menjadi berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menteri Agama Fachrul Razi menuturkan wabah covid-19 telah menimbulkan dampak bagi perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, dia mengimbau agar daging kurban lebih banyak dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Hukum kurban dalam rangka Iduladha adalah sunnah yang dianjurkan. Daging kurban boleh dimakan sebagian oleh yang berkurban dan keluarganya, sebagian lainnya boleh dibagikan kepada tetangga dan teman-teman, serta sebagian lainnya untuk fakir miskin.

Baca juga: Puan Ajak Umat Muslim Rayakan Iduladha dengan Aman

Namun, pada momen Iduladha kali ini, sebaiknya masyarakat mengutamakan pembagian daging untuk fakir miskin dan warga yang terdampak covid-19.

“Karena sebagian masyarakat sedang susah akibat terdampak covid-19, sebaiknya sebanyak mungkin daging kurban itu kita berikan kepada fakir miskin dan masyarakat terdampak,” ujar Facrul Razi dalam sambutannya melalui akun YouTube Kemenag RI, Kamis (30/7).

Tidak lupa, Menag pun mengingatkan masyarakat agar menunaikan ibadah penyembelihan hewan kurban dengan tetap menaati protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.

“Mari kita terus berdoa kepada Allah SWT semoga wabah covid-19 ini segera berakhir dan hilang dari negeri Indonesia dan seluruh belahan dunia, serta kita mampu menjadikan Hari Raya Iduladha sebagai momentum untuk mengantarkan pribadi yang semakin soleh dan bermanfaat untuk sesama,” tandasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT