31 July 2020, 09:36 WIB

Idul Adha di Kota Sorong Ajak Warga Berbagi


Martinus Solo | Nusantara

PELAKSANAAN salat Idul Adha 1441 H di Kota Sorong, Papua Barat berjalan aman dan lancar serta mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Di Masjid Raya Kota Sorong, ratusan orang memadati tempat salat yang disediakan dengan tetap menjaga jarak. Selain masjid, sejumlah musala juga menggelar salat Ied. Seperti di Musala Al Kahfi di Jalan Warmasen Belakang UT Km 13 Kota Sorong, setiap jemaah yang datang dicek suhunya. Musala setempat juga menyediakan tempat cuci tangan beserta sabun. 

Bertindak sebagai Imam  yaitu Ustad Ali dan Khatib Muhammad Nur A. Rasyid. Dalam khutbah Idul Adha, Muhammad Nur Rasyid mengatakan ada beberapa makna dari perayaan Hari Raya Idul Adha, yaitu semangat berbagi untuk sesama. 

"Setiap umat muslim yang mampu dianjurkan untuk membeli dan menyembelih hewan kurban.Setelah itu, daging kurban tidak hanya disantap bersama keluarga tapi juga dibagikan kepada tetangga, saudara, serta orang-orang yang membutuhkan. Dari kegiatan ini, Idul Adha dapat menumbuhkan semangat berbagi dan tolong menolong untuk sesama.

Idul Adha, mengajarkan umat Islam untuk selalu memberikan pengorbanan kepada segala sesuatu yang dilakukan. Idul Adha dapat mengingatkan umat muslim untuk senantiasa ikhlas atas cobaan yang diberikan. Dengan ikhlas, ujian seberat apapun Insyaallah akan mendapatkan hikmah yang terbaik dari Allah SWT," kata Muhammad Nur Rasyid dalam khutbah Idul Adha, Jumat (31/7).

baca juga: Menko PMK Salat Idul Adha di Luwu Utara, Mentan di Gowa

Ia menambahkan sesuai makna dari kata qurban yang berasal dari kata quraba atau dekat, ibadah kurban pada hari Idul Adha memiliki makna kedekatan. Tak hanya mendekatkan diri kepada Allah SWT, Idul Adha juga menjadi sarana mendekatkan diri pada keluarga dan saudara.

"Melalui perayaan Idul Adha, umat muslim menyadari bahwa apa yang ada di langit dan bumi adalah milik Allah SWT. Semua harta benda yang dimiliki sejatinya adalah milik Allah SWT," pungkasnya. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT